... Harus tahun ini... "
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, mengatakan Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, di Jakarta Timur, diharapkan menjadi bandara pemberangkatan haji pada 2013 ini menggantikan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang akan dibangun.

Pada beberapa masa lalu, bandara di dekat Jalan Tol Jagorawi, JakartaTimur, itu juga pernah menjadi bandara embarkasi haji. Di dekat bandara itu juga ada Asrama Haji tempat calon jemaah haji diinapkan sebelum diberangkatkan. 

"Harus tahun ini, karena Terminal 3 Soekarno-Hatta dirombak untuk dikembangkan pada tahun ini juga," katanya, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu. Dia memaparkan kajian penyiapan Bandara Internasional Halim Perdanakusuma menjadi bandara embarkasi haji.

Hal-hal pokok yang dikaji, di antaranya terkait kapasitas dan tata ruang bandara, agar penyelenggaraan haji tidak terkendala. Kementerian Perhubungan belum mencari alternatif selain Bandara Internasional Halim Perdanakusuma.

"Kita lihat juga, apakah bisa dalam terminal itu sendiri Terminal 1 dan Terminal 2 Soekarno-Hatta, tapi agak sulit karena kalau kita bicara Soekarno-Hatta, sangat terbatas," katanya.

Direktur Angkasa Pura II, Tri S Sunoko, yang mengatur operasionalisasi Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, mengatakan, bandara itu menjadi alternatif utama untuk pemberangkatan haji 2013.

"Halim Perdanakusuma tetap difungsikan sebagai bandara komersial, namun hanya ditambah fungsinya untuk pemberangkatan haji. Halim Perdanakusuma juga dekat dengan Asrama Haji," katanya.

(M041/D009) 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013