Kawasan industri terus dibangun karena salah satu kebijakan prioritas pemerintah adalah sektor industri,"
Bekasi (ANTARA News) - Pembangunan kawasan industri baik di Jawa maupun luar Jawa menjadi salah satu kebijakan prioritas pemerintah, kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Armida S. Alisjahbana.

"Kawasan industri terus dibangun karena salah satu kebijakan prioritas pemerintah adalah sektor industri," katanya saat jumpa pers di Cikarang, Bekasi, Jabar, Rabu.

Dia mengatakan ada tujuh infrastruktur utama yang harus dipersiapkan dalam membangun sebuah kawasan industri, yaitu listrik, ketersediaan air, gas, tenaga kerja, akses jalan, bandara dan pelabuhan.

Pemerintah juga mendengarkan masukan dari para pelaku bisnis di kawasan industri agar bisa menarik lebih banyak investor.

Armida menuturkan, saat ini, Jababeka merupakan salah satu wilayah yang sudah memiliki infrastruktur yang lengkap untuk kawasan industri dan akan dikembangkan ke daerah-daerah lain di luar Pulau Jawa.

Kawasan Industri Cikarang adalah kawasan industri yang pertama dibangun di Indonesia yaitu pada 1989. Saat ini ada 7 kawasan industri yang berada di sekitar wilayah tersebut.

Sementara Presdir PT Jababeka Tbk S.D. Darmono mengatakan dalam membangun kawasan real estate atau industri dibutuhkan kerja sama antara Bappenas dan Bappeda setempat karena wilayah di sekitar kawasan yang dikembangkan juga harus mendapat penataan.

"Peran Bappenas untuk merencanakan jauh ke depan dan detailnya dibantu Bappeda," kata Darmono.

Untuk itu, menurut dia, diperlukan perencanaan pemerintah yang lebih matang dan sinergi yang baik dengan pihak swasta.
(A064/N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013