Jakarta (ANTARA) - MediaTek mengumumkan kemitraan dengan NVIDIA untuk menghadirkan kabin yang dilengkapi kecerdasan buatan (AI) pada kendaraan berbasis perangkat lunak generasi berikutnya.

Kolaborasi ini menggabungkan kekuatan portofolio otomotif dari masing-masing perusahaan untuk menghadirkan teknologi paling menarik untuk mobil terhubung yang canggih.

“NVIDIA adalah pionir dan pemimpin industri terkenal di dunia, terutama di dunia komputasi dan AI. Dengan kerja sama ini, visi kami adalah menyediakan layaknya toko serba ada secara global untuk industri otomotif, mendesain generasi berikutnya dari mobil cerdas yang selalu terkoneksi,” ujar Wakil Ketua dan CEO MediaTek Rick Tsai, dalam rilis pers, Kamis (1/6).

Baca juga: MediaTek perkenalkan Dimensity 8200-Ultra di Xiaomi Civi 3

Tsai mengatakan melalui kerja sama khusus dengan NVIDIA, MediaTek akan bersama-sama menyediakan platform unik untuk kendaraan masa depan yang intensif komputasi dan ditentukan oleh perangkat lunak.

Sementara itu, pendiri dan CEO NVIDIA Jensen Huang mengatakan AI dan komputasi yang terakselerasi mendorong transformasi di seluruh industri otomotif.

“Gabungan SoC terdepan di industri MediaTek dan teknologi perangkat lunak GPU dan AI NVIDIA akan memungkinkan pengguna merasakan pengalaman baru, keamanan yang lebih baik, dan layanan terkoneksi internet terbaru untuk semua segmen kendaraan, dari yang mewah hingga arus utama," kata Huang

Melalui kemitraan itu, MediaTek akan mengembangkan SoC otomotif yang mengintegrasikan chiplet GPU NVIDIA baru dengan NVIDIA AI dan IP grafis. Chiplet terhubung dengan teknologi interkoneksi chiplet yang diklaim cepat dan koheren.

Solusi kabin pintar MediaTek juga akan menjalankan teknologi perangkat lunak NVIDIA DRIVE OS, DRIVE IX, CUDA, dan TensorRT. Hal tersebut diyakini akan memanjakan pengguna dengan rangkaian lengkap fungsi kabin dan kokpit AI dengan grafis canggih, kecerdasan buatan, dan fitur keselamatan dan keamanan.

Baca juga: Berkat tren AI nilai valuasi Nvidia tembus 1 triliun dolar

Baca juga: Gambar interior Tesla Cybertruck bocor jelang peluncuran akhir 2023

Baca juga: Huawei dan BAIC kembangkan mobil pintar

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023