Batam (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN) menyebutkan Provinsi Kepulauan Riau telah memiliki 280 pasang duta generasi berencana (Genre) guna menekan angka stunting (kekerdilan) di daerah itu.

"Dapat kami laporkan bahwa sampai 22 Mei 2023, capaian Duta Genre desa/kelurahan di Provinsi Kepri baru 280 pasang dari 417 desa/kelurahan atau sebesar 67,15 persen," kata Kepala BKKBN Kepri Rohina di Batam, Ahad.

Baca juga: Cegah stunting di Batam, BKKBN kukuhkan duta genre

Ia menjelaskan Duta Genre memegang peran penting sebagai penyambung lidah ke masyarakat untuk mensosialisasikan berbagai program yang digagas oleh pemerintah melalui BKKBN.

Selain bantuan dari Duta Genre, BKKBN juga menghadirkan peran Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) yang hingga bulan Mei 2023 capaiannya sebesar 82 BAAS, yang terdiri dari TNI - Polri, pemerintah daerah, perbankan, perusahaan swasta hingga pengelola zakat.

"Kegiatan dilanjutkan dengan agenda Grebek Stunting, akan ada dua rumah yang akan kita kunjungi untuk pemberian paket BAAS berupa telur kepada keluarga yang berisiko stunting," ujar dia.

Lebih lanjut, Rohina mengatakan pihaknya juga akan memberdayakan para Duta Genre kelurahan yang ada didampingi oleh Satgas Stunting Provinsi Kepri untuk memberikan paket BAAS kepada 98 keluarga berisiko stunting yang sudah terdaftar.

Ia menjelaskan berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, angka stunting di Kepri sebesar 15,4 persen. Angka tersebut turun sebanyak 2,2 persen dari tahun sebelumnya sebesar 17,6 persen.

Sebelumnya, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Nopian Andusti mengatakan Duta Generasi berencana atau Genre dapat membantu mencegah kasus stunting dari hulu dengan peran ketahanan remaja pra-nikah.

Baca juga: BKKBN kukuhkan Duta Generasi Berencana tekan stunting di Natuna

Baca juga: Deputi BKKBN : Angka stunting di Kepri terendah keempat se-Indonesia


"Salah satu upaya percepatan penurunan stunting adalah dengan menggarap dari hulu, yaitu dari para remaja yang akan menjadi calon pengantin," kata Nopian Andusti usai pemilihan Duta Genre tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), di Tanjungpinang, Minggu.

Menurut dia, remaja harus diberi pembekalan penyiapan kehidupan berkeluarga, sehingga mereka memiliki kesiapan dan perencanaan dalam membangun keluarga.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023