Helikopter sebagai solusi penanganan kebakaran di wilayah yang jalurnya sulit dilalui.
Banjarbaru (ANTARA) - Kebakaran hutan dan lahan (arhutla) di Kalimantan Selatan dalam kurun waktu 1 bulan terakhir telah melanda hutan dan lahan dengan perkiraan luas mencapai 80 hektare.

Kebakaran hutan sekitar 9 hektare dan kebakaran lahan diperkirakan sekitar 71 hektare.

"Data terakhir per hari ini luas karhutla total mencapai 80 hektare dan paling luas di Kabupaten Tanah Laut sekitar 39 hektare," kata Manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Ricky Ferdyanto di Banjarbaru, Senin.

Kebakaran terluas kedua, kata dia, di Kota Banjarbaru sekitar 31 hektare, kemudian terluas ketiga di Kabupaten Banjar mencapai 9 hektare. Sementara itu, daerah lain luas lahan yang terbakar tidak melebih 1 hektare.

Sebelumnya wilayah terluas yang dilanda karhutla ada di Ring 1 (daerah rawan kebakaran), yakni di area Bandara Syamsudin Noor Kota Banjarbaru.

"Situasi lapangan di Kabupaten Tanah Laut lebih sulit. Jika terjadi kebakaran, biasanya membutuhkan waktu relatif lama ketimbang wilayah lain," ucapnya.

Terkait dengan kendala penanganan karhutla di Kabupaten Tanah Laut, BPBD Kalsel sedang menunggu hasil pengajuan permohonan bantuan berupa helikopter water bombing dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

Helikopter tersebut, kata Ricky, sebagai solusi penanganan kebakaran di wilayah yang jalurnya sulit dilalui.

Pada saat ini pihaknya lebih memprioritaskan peningkatan pengawasan di wilayah bandara yang masuk daerah rawan kebakaran.

Untuk wilayah prioritas seperti Kota Banjarbaru, dilakukan pembukaan pintu air saluran irigasi untuk pembahasan lahan gambut di Ring 1, area sekitar Bandara.

Ia menjelaskan bahwa daerah Ring 1 memiliki jarak radius sekitar 5 kilometer dari Bandara Syamsudin Noor.

Area tersebut, lanjut dia, terus diawasi secara berkala dengan berpatroli lapangan mulai pukul 08.00 hingga 18.00 Wita.

Pada malam hari, pihaknya melakukan penjagaan di Posko Induk BPBD Kalsel.

Pada hari ini, Tim Satgas BPBD Kalsel melakukan patroli di tiga lokasi, yakni Danau Cermin, Liang Anggang, dan Gunung Kupang.

Baca juga: BPBD Kalsel tanggap usai warga diduga bakar lahan area Bandara
Baca juga: 50 personel terjun tangani Karhutla di ring 1 Bandara Kalsel

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023