Saya puas karena dari hari ketika kami tiba di sini, perkembangannya begitu bagus. Saya merasa percaya diri bukan hanya karena posisi ini melainkan karena perasaan dengan motor,"
Sepang (ANTARA News) - Pebalap Spanyol Dani Pedrosa tetap menjadi pebalap tercepat di hari terakhir tes pramusim MotoGP pertama di Sirkuit Sepang Malaysia pada Kamis, namun catatan waktu di antara para pebalap semakin dekat.

Pedrosa yang menunggangi Honda memimpin barisan pebalap terdepan pada Selasa dan Rabu, dan pada Kamis kembali mengungguli rekan senegara sekaligus pesaingnya di Yamaha Jorge Lorenzo.

Ketika catatan waktu memperlihatkan perkembangan pesat di hari terakhir yang panas ini, pebalap pendatang baru Honda Marc Marquez jatuh untuk pertama kalinya di kancah MotoGP pada awal sesi tes namun ia tidak mengalami cedera.

Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi berada di peringkat ketiga sedangkan Marquez, mantan juara dunia kelas 125cc dan pemegang gelar juara Moto2, menduduki peringkat keempat.

Tidak seperti dua hari pertama di mana awan begitu tebal dan sempat terjadi hujan pada Rabu, hari tes terakhir begitu cerah dan trek juga kering sehingga para pebalap dapat memaksimalkan kemampuan sepeda motor mereka.

Pada hari terakhir, selisih antara catatan waktu Pedrosa 2 menit 00,100 detik dengan catatan waktu terbaik Lorenzo hanya sebesar 0.329 detik.

Valentino Rossi yang kembali ke Yamaha menjaga dirinya tetap berada di grup terdepan dengan menduduki peringkat ketiga, terpaut 0,442 detik.

Marquez, yang mempersiapkan diri untuk musim pertamanya di MotoGP, berada di peringkat kempat dan terpaut 0,536 detik dari rekan setimnya di Honda Pedrosa.

Pedrosa mengatakan dirinya percaya diri dengan kinerja sepeda motor Hondanya, namun menegaskan masih ada pekerjaan yang harus dituntaskan di sektor peredam kejut dan kopling, yang menjadi masalah mereka pada musim lalu.

"Saya puas karena dari hari ketika kami tiba di sini, perkembangannya begitu bagus. Saya merasa percaya diri bukan hanya karena posisi ini melainkan karena perasaan dengan motor," ucapnya.

Pedrosa (27) sedang memburu gelar juara perdananya di MotoGP. Ia menjadi runner up untuk gelar MotoGP pada tiga kesempatan sejak melakukan debutnya pada 2006.

Marquez mengekspresikan rasa puas terhadap penampilannya. "Saya gembira. Saya konsisten setiap hari. Saya berharap dapat terus seperti itu," ucapnya kepada para pewarta.

Lorenzo mengatakan dirinya akan lebih fokus pada akselerasi dan traksi sepeda motornya pada tes berikutnya.

"Saya pikir sepeda motor ini sedikit berkembang dibandingkan musim lalu. Ini lebih cepat di tikungan," ucapnya, sambil menambahkan bahwa dirinya terpukau dengan penampilan Rossi dan Marquez.

Rossi mengatakan dirinya tidak ragu untuk kembali ke balap MotoGP yang kompetitif setelah menjalani tiga hari tes yang berat, dan memberi indikasi bahwa dirinya mengincar podium dari balap pertama musim ini.

"Saya harus bekerja lebih keras untuk menyaingi Lorenzo dan Pedrosa. Saya tidak dapat mengharapkan awal yang lebih baik untuk musim yang baru ini," ucapnya setelah melalui dua tahun yang membuat frustrasi dengan Ducati.

Pebalap Inggris Raya Cal Crutchlow yang menunggangi Yamaha terpaut 0,634 detik.

Dua pebalap Ducati Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso menghuni peringkat kesembilan dan kesepuluh.

Sesi tes kedua akan dilangsungkan di Sepang dari 26 sampai 28 Februari, sedangkan tes ketiga akan diadakan di Jerez dari 23 sampai 25 Maret.

Putaran pembuka kejuaraan dunia MotoGP akan dilangsungkan di Qatar pada 7 April. malaysia akan menjadi tuan rumah putaran ke-15 pada 13 Oktober.

(H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013