Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) Japto Soelistyo Soerjosoemarno mengatakan ingin mengoptimalkan penggunaan lapangan golf terutama untuk pembinaan atlet muda.

"Pembinaan golf amatir ini selalu terbentur dengan lapangan. Bahwasannya kami memperoleh lapangan secara gratis untuk atlet-atlet untuk berlatih menuju pertandingan. Karena selama ini banyak pelatihan yang masih membayar biaya setengah namun tetap menjadi beban," kata Japto saat bersama jajaran pengurus PB PGI dilantik oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen (Purn) Marciano Norman di Jakarta, Senin.

Japto juga mengungkapkan kendala biaya lapangan golf menjadi satu persoalan bagi para atlet yang terkadang merogoh kocek pribadi atlet.


Baca juga: PB PGI rencanakan program "golf go to school" untuk jaring atlet

Namun PB PGI kini telah menjalin sejumlah kerja sama dengan beberapa pihak dan memperoleh izin untuk menggunakan hak sewa lapangan golf tanpa mengeluarkan biaya.

"Kami mengharapkan setiap lapangan golf menerima setiap junior-junior tanpa menarik bayaran dan mendapatkan pelatih bersertifikat. Sampai saat ini kami telah menjalin kerja sama dengan beberapa pihak dan berhasil menjalin kerja sama," kata Japto.

Mengenai pelatih pembinaan pegolf amatir, Japto mengungkapkan bakal menggunakan pelatih Indonesia yang bersertifikat.

"Masalah pelatih buat dasar dan pembinaan kami akan menunjuk pelatih yang lokal bersertifikat. Jadi tidak seperti selama ini bekas pemain terus mengajar. Kami akan menggunakan pelatih pro yang sudah bersertifikat untuk penggalangan dan pembinaan pemain junior. Mungkin ke depan akan juga mendatangkan pelatih dari asing," kata Japto.

Selain itu PGI bakal memfokuskan pembinaan kepada mentalitas dan stamina dengan mendatangkan psikolog dan fisioterapi khusus untuk atlet.

"Masalah mentalitas kemarin (SEA Games 2023) kami mendatangkan psikolog golf. Nanti berikutnya untuk pengembangan pemain kami juga akan mempersiapkan fisioterapi," kata Japto.


Baca juga: Ketum KONI: Saya optimis golf Indonesia dapat maju dibawah Japto
Baca juga: PGI syukuri keberhasilan tim golf bawa pulang dua medali

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023