Jakarta (ANTARA News) - Indonesia Warriors menang dramatis 98-96 atas San Miguel Beermen melalui overtime dalam laga lanjutan Liga Bola Basket ASEAN (ABL) 2013 di Gedung Basket Ynares Sports Arena, Filipina.

Kemenangan tersebut menjaga tren positif yang sedang dijalani Warriors setelah sebelumnya berhasil memperoleh hasil baik di tiga laga sebelumnya.

"Point guard" Warriors, Mario Wuysang, berperan besar membawa Warriors memenangi laga yang juga disiarkan di situs resmi ABL (www.aseanbasketballleague.com).

Secara keseluruhan Wuysang berhasil menyumbangkan poin terbanyak untuk Warriors melalui 20 angka, yang 10 di antaranya dia cetak pada overtime.

Selain itu, Wuysang juga berhasil menyodorkan empat kali "assists", dua kali mengamankan "rebounds" serta sekali memimpin "turn over".

Statistik yang dibukukan oleh Wuysang juga lebih baik dari akurasi Warriors, melalui 38 persen untuk tembakan dua angka, 50 persen tembakan tiga angka serta 100 persen lemparan bebas.

Warriors sendiri dalam pertandingan tersebut hanya berhasil membukukan akurasi tembakan sebesar 38 persen untuk tembakan dua angka, 32 persen tembakan tiga angka dan 75 persen lemparan bebas.

Hasil tersebut sebetulnya tidak lebih baik dari yang dicatatkan Beermen melalui 46 persen untuk tembakan dua angka, 26 persen tembakan tiga angka dan 82 persen lemparan bebas.

Keunggulan signifikan justru diperlihatkan Warriors dalam hal percobaan tembakan tiga angka dengan selisih akurasi sebesar 24 persen atau hampir dua kali lipat dari yang ditorehkan Beermen.

Sementara itu, secara catatan individual pemain asing Beermen asal Amerika Serikat Gabriel "Gabe" Freeman berhasil memborong 33 angka dan disusul oleh rekan senegara sekaligus setimnya Brian Williams yang mencetak 22 angka.

Gabe juga bersanding bersama pemain Warriors Christopher Vondrell Daniels sebagai pencapai "double double" melalui tambahan 15 kali "rebounds", sementara Daniels hanya mencetak 18 poin dan 12 kali "rebounds".

Meski demikian, kolektivitas bermain yang dipertunjukkan Warriors, melalui lima pemain dengan perolehan poin "double digit", membawa juara bertahan musim lalu itu memenangi pertandingan.

Pemain Warriors yang berhasil mencapai perolehan poin "double digit" selain Wuysang dan Daniels adalah Jerick Uy Canada, Steven Demon Thomas serta John Smith, masing-masing mencetak 18, 17 dan 16 angka.

Beermen yang bermain di hadapan publik sendiri mendapat keuntungan dengan tambahan semangat dari dukungan penonton dan berhasil menutup kuarter pertama dalam keunggulan 21-18.

Pada kuarter kedua, Beermen kian menjauh dan memperlihatkan keyakinan akan memenangi laga dalam kemenangan. Mereka berhasil menambah selisih keunggulan menjadi 11 angka dalam kedudukan 47-36.

Meski demikian, petaka mulai terjadi saat memasuki kuarter ketiga, Beermen tertinggal dalam hal mencetak skor di waktu 10 menit dengan perbandingan 12-17.

Tambahan 17 poin memberi napas tambahan bagi Warriors yang berhasil memperkecil selisih ketertinggalan menjadi enam poin saja dalam skor 59-53.

Warriors justru kian menanjak di kuarter keempat, mengingat mereka tentu memiliki tekad membalas kekalahan di laga perdana dari Beermen yang mempermalukan mereka di kandang.

Dua tembakan tiga angka dari John Smith serta satu tambahan dari Wuysang berhasil membawa Warriors menyamakan kedudukan 80-80 untuk memaksa pertandingan dilanjutkan melalui overtime.

Pada masa overtime, menjadi pahlawan kemenangan Warriors melalui 10 poin yang ia cetak dari tambahan 18 angka keseluruhan timnya.

Warriors menutup pertandingan dengan kemenangan 98-96 setelah Beermen hampir saja memaksa overtime lanjutan apabila ia berhasil melesakkan dua dari dua kesempatan tembakan bebas yang dimilikinya.

Kemenangan tersebut juga membawa Warriors menjadi pemuncak klasemen sementara dengan catatan empat kali menang dan dua kali kalah, melewati Saigon Heat.

Pertandingan berikutnya Warriors akan menjamu Jobstreet.com Singapore Slinger di Jakarta pada hari Rabu (13/2).

Slingers mungkin akan berupaya membalaskan kekalahan mereka di kandang bermodalkan kemenangan yang dipetik pada laga sebelumnya melawan Wesports Malaysia Dragons dengan kedudukan 68-67.

Sementara itu, Beermen pada hari yang sama dijadwalkan akan melawat ke Bangkok untuk menghadapi tuan rumah Chang Thailand Slammers.

Sebagaimana Slingers, Slammers juga berbekal kemenangan di laga tandang sebelumnya saat melawan Dragons yang berakhir dalam kedudukan 77-65.

(G006/D007)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013