Medan (ANTARA) - Sebanyak 357 calon haji yang tergabung pada kelompok terbang (Kloter) 14 Embarkasi Medan, Sumatera Utara, berangkat ke Kota Madinah, dari Asrama Haji Medan, Selasa.

Dari 357 calon haji itu, 201 orang dari Kabupaten Simalungun, 62 orang dari Kabupaten Asahan, 60 orang dari Kota Medan, 19 orang dari Kota Tebing Tinggi, tujuh orang dari Kabupaten Langkat, tiga Petugas Daerah PHD Kota Medan, lima Petugas Pusat TPHI dan TKHI.

"Saya berharap calon haji dari Kloter 14 ini, bisa meraih haji mabrur saat melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah," kata Kakanwil Kemenag Sumut H Ahmad Qosbi Nasution, ketika melepas keberangkatan calon haji Kloter 14 Embarkasi Medan.

Qosbi menyebutkan tentunya untuk mendapatkan haji yang mabrur ini, calon haji harus khusyuk dalam melaksanakan ibadah haji di Mekkah.

Baca juga: 350 calon haji Kloter 13 Embarkasi Medan berangkat ke Madinah

Baca juga: Calon haji tunanetra asal Tebing Tinggi bersyukur bisa ke Tanah Suci


Selain itu, calon haji tersebut harus benar dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci, perbanyak berdoa, zikir, serta amal ibadah lainnya saat berada di Mekkah.

"Karena untuk memperoleh haji yang mabrur itu, merupakan cita-cita dan jadi dambaan bagi seluruh calon haji yang berangkat ke Mekkah," ucapnya.

Kakanwil berharap calon haji yang berangkat ke Mekkah agar tetap menjalin kekompakan, dan saling tolong -menolong dengan sesama calon haji lainnya.

Kemudian, calon haji dari Provinsi Sumatera Utara ini dapat menjaga nama baik daerah Sumut dan Indonesia selama berada di tanah suci Mekkah.

"Mari kita tunjukkan bahwa calon haji asal Sumut bermartabat, memiliki disiplin yang tinggi, serta ramah dengan sesama calon haji dari Indonesia, dan begitu juga calon haji dari negara-negara asing yang ada di tanah suci Mekkah," kata Qosbi.

Petugas Kloter 14, yakni Abdul Fatah Hasibuan Bin H Sutan Guru Hasibuan (pimpinan kloter), Abdul Mutholib Siregar Bin Salman Paris Siregar (pembimbing ibadah), Sri Wardalina Nursalim Binti Nursalim (dokter Kloter), dan Dwi Handayani Muliadi Binti Muliadi (paramedis).

Kemudian, Hendro Edy Saputra Saraan Bin Parlindungan Saraan (paramedis), Sakhira Zandi Bin Edy Putra (petugas haji daerah), Afifi Lubis Bin Hasyim Manaf Lubis (petugas haji daerah) dan Basarin Yunus Tanjung Bin Hamzah Ilyas (petugas haji daerah).

Sementara itu, salah seorang calon haji Kloter 14 Embarkasi Medan ditunda berangkat ke Madinah, karena sakit. Calon haji itu atas nama Khalidah Edi Walid Harahap asal Kabupaten Simalungun, nomor manifes 66.*

Baca juga: Tenaga Ahli Menag lepas 359 calon haji kloter pertama asal Madina

Baca juga: Hasbi, petani Madina-Sumut akhirnya wujudkan mimpi berhaji ke Mekkah

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023