...sedikitnya 40 arena sepakbola terbuka yang menjadi fokus Dispora DKI.
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2013 menganggarkan sekitar Rp250 miliar untuk perbaikan sarana dan prasarana olahraga, dengan rencana terdekat adalah renovasi stadion sepakbola milik pemerintah di seluruh wilayah ibukota.

"Fokus terdekat kita adalah perbaikan stadion sepakbola dan kami sudah mendata itu," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kepala Dispora) Provinsi DKI Jakarta Ratiyono kepada ANTARA News seusai undian Turnamen Futsal Piala Gubernur DKI Jokowi 2013, di Jakarta, Sabtu.

Ratiyono mengatakan untuk menggunakan anggaran itu, Dispora juga sudah mendata stadion sepakbola yang menjadi prioritas untuk dibenahi. Dari data sementara tercatat sembilan stadion sepakbola dan sedikitnya 40 arena sepakbola terbuka yang menjadi fokus Dispora DKI.

"Beberapa stadion itu, antara lain Stadion di Soemantri Bodjonegeoro Kuningan, Lebak Bulus, Sunter, Tugu, dan lainnya," ujar Ratiyono yang juga mantan atlet judo.

Dispora DKI juga masih berusaha memastikan berapa anggaran yang disiapkan untuk setiap lokasi tergantung hasil pemeriksaan kelaiakan sarana olahraga tersebut. Menurut Ratiyono, hal ini juga sesuai instruksi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahja Purnama mengenai peningkatan fasilitas olahraga di Jakarta.

"Masing-masing belum pasti terdata berapa anggaranya, namun jika dilihat dari kerusakannya ada yang Rp400 juta, dapat juga Rp1 miliar, tergantung hasil pemeriksaan," katanya.

"Pak Wagub instruksikan untuk perbaiki pencahayaan fasilitas olahraga, agar warga nyaman," tambahnya.

Dispora DKI juga akan membenahi lapangan olahraga yang berada di kampung-kampung untuk memberikan fasilitas bagi seluruh lapisan warga DKI.

Selain itu, anggaran itu juga mencakup perbaikan Gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia DKI Jakarta yang berlokasi di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat.

(I029)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013