Tiga kota itu menjadi kandidat kuat tuan rumah Superliga keempat...
Semarang (ANTARA News) - Direktur Superliga Yoppy Rosimin mengatakan kejuaraan bulu tangkis antarklub Superliga bakal diselenggarakan setiap tahun, setelah sebelumnya digelar dua tahun sekali.

"Saya belum bisa memastikan 100 persen tetapi rencana itu sudah 90 persen untuk lebih memasyarakatkan olahraga ini," kata Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Selasa.

Di samping itu, kata dia, tempatnya tidak lagi di Surabaya (sudah dua kali tuan rumah Superliga yaitu 2011, dan 2013) dan Jakarta (tuan rumah 2007) tetapi bisa di daerah lain.

Yoppy yang juga Ketua PB Djarum Kudus menyebutkan ada tiga kota yang menjadi calon tuan rumah Superliga mendatang, yaitu Yogyakarta, Palembang (Sumsel), dan Bandung (Jabar).

"Tiga kota itu menjadi kandidat kuat tuan rumah Superliga keempat, kalau di Jawa Tengah kemungkinannya kecil karena faktor penonton," katanya.

Menyinggung klub asing yang akan mengikuti Superliga keempat mendatang, dia mengaku mengincar klub bulu tangkis terkemuka di Thailand yaitu Semen Siam Grup.  "Dia merupakan klub terkuat di negara itu," katanya.

Mengenai lima klub asing yang ikut Superliga di Surabaya pekan lalu, dia mengatakan, belum tentu mereka ikut. Akan tetapi, mereka berharap bisa diundang kembali untuk Superliga keempat mendatang.

Menurut dia, aturan klub asing yang ikut Superliga yaitu tidak boleh lebih banyak dari klub lokal.

"Kalau klub lokalnya lima, misalnya, klub asing yang boleh ikut hanya empat. Jadi yang paling dominan adalah klub lokal," katanya.

Superliga 2013 di Surabaya yang baru lalu, diikuti tujuh klub lokal Jaya Raya Jakarta, Jaya Raya Suryanaga Surabaya, Tangkas Specs, Musica Champion, SGS PLN, Mutiara Bandung, dan Djarum Kudus.

Selain itu lima klub dari luar negeri, yaitu Tonami Badminton Club (Jepang), Unsys Badminton Jepang, Malaysia Tigers, Renesas Badminton Club Jepang, dan Korean Ginseng Coporation (KGC).

Soal keberadaan pemain asing, dia mengatakan, memang yang diharapkan adalah pemain asing berperingkat 10 besar dunia.

"Prioritasnya perekrutan pemain asing adalah mereka yang masuk peringkat 10 besar dunia, tetapi kalau ada klub yang merekrut pemain di bawah itu, silahkan saja," kata Yoppy yang menyebutkan klub bisa merekrut maksimal lima pemain asing tetapi hanya bisa turun pada dua nomor saja, misalnya dua pasang ganda atau dua tunggal.

Ia menilai pelaksanaan Superliga di Surabaya beberapa waktu lalu tergolong sukses karena mampu menyedot penonton yang cukup banyak.

Pada kelompok putra klub Musica Champion menjadi juara setelah menang 3-2 atas Malaysia Tigers, sedangkan kelompok putri juara pertama adalah Jaya Raya yang mengalahkan Unisys Jepang juga dengan angka 3-2.

(H015)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013