Ternate (ANTARA) - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Patani Utara, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara (Malut), terbakar pada Sabtu, mengakibatkan satu unit motor dan dua orang luka terbakar.

Kasi Humas Polres Kabupaten Halteng, Ipda Ramli Suleman membenarkan, telah terjadi Kebakaran SPBU di Wilayah Dusun III Desa patura jaya kecamatan patani Utara kabupaten Halteng.

SPBU baru beroperasi tujuh bulan tepatnya pada Rabu 2 November 2023 diresmikan oleh Region Manager Rent Ail Seles Papua Maluku PT. Pertamina Patra Niaga, Drestanto Nandi Wardana.

Adapun Kronologis kejadian, petugas SPBU sedang melakukan pelayanan pengisian bahan bakar minyak jenis pertamax pada Sebuah kendaraan sepeda motor.

Menurut dia, setelah melakukan pengisian BBM, kemudian korban mencoba untuk menghidupkan kendaraan motor dan tiba-tiba timbul percikan api dari knalpot sepeda motor tersebut.

Sehingga dengan spontanitas langsung membesar dan menyambar kedua tangan korban sehingga korban langsung melepas kendaraan tersebut sehingga Api langsung membesar dan merembet ke bagian Mesin Nosel SPBU.

Pada saat insiden tersebut pihak Petugas Sudah berupaya melakukan pemadan dengan menggunakan tabung pemadam kebakaran namun api tetap membesar sehingga masyarakat melakukan upaya pemadaman dengan alat seadanya sehingga api dapat dipadamkan .

Akibat dari Insident tersebut terjadi dua orang korban ringan di bagian tangan dan langsung di dilarikan ke Puskesmas Tepeleo Batu dua untuk mendapatkan perawatan tim medis.

Dua orang mengalami luka bakar dalam insiden tersebut diantaranya Sandi Rajak (32) karyawan PT.IWIP dan Nursudin Usman (47) pekerjaan penebang kayu atau tukang sensor alamat Patani Utara dan satu satu unit Sepeda motor Honda Vario 125 dengan nomor polisi PB 3969 SV milik korban ikut terbakar.

Akibat dari kejadian tersebut Pemilik SPBU tersebut mengalami kerugian materiil di taksir sekitar ratusan juta rupiah dan tidak ada korban jiwa.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023