Magelang (ANTARA) - Pameran karya lukisan bertema "On Multiculturalisme" yang diprakarsai Dewan Kesenian Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, memperkuat peran Kota Magelang sebagai kota toleransi.

"Apalagi Magelang juga kota toleransi, harapannya (pameran ini) memperkuat peran (Kota Magelang) kota toleransi," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Imam Baihaqi. di Magelang, Sabtu malam.

Ia mengatakan hal itu di sela pembukaan pameran tunggal karya lukisan seniman setempat berasal dari Bali I Made Arya Dwita Dedok di Gedung Lokabudaya Kota Magelang diprakarsai Dewan Kesenian Kota Magelang bekerja sama dengan sejumlah pihak, antara lain DedokBali Artstudio dan Peguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Magelang.

Pameran 17 karya lukisan, antara lain berelemen karikatural dan ilustratif, dengan berbagai ukuran selama 10-17 Juni 2023 itu, dibuka pemilik OHD Museum Kota Magelang dokter Oei Hong Djien dengan catatan kuratorial oleh Dosen Seni Murni Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta I Gede Arya Sucitra.

Baihaqi menyambut positif pameran dengan tema tersebut karena seni menjadi kekuatan pemersatu kehidupan masyarakat dengan beragam latar belakang, sehingga suasana kehidupan yang damai bisa dirasakan bersama oleh masyarakat setempat.

"Memang seni menjadi pemersatu, seni apapun menjadi pemersatu dari multikultural, multibudaya, multiagama dan lain-lain, karena kesenian tidak memandang perbedaan, persatuan untuk menyatukan perbedaan, bukan menyatukan yang sudah sama," ucap dia.

I Made Arya Dwita Dedok yang berasal dari Denpasar, Bali dan telah mengikuti cukup banyak ajang pameran karya secara bersama maupun tunggal di sejumlah kota di dalam maupun luar negeri itu, menyelesaikan kuliah seni rupa di ISI Yogyakarta pada 1997, dan sejak 2009 hingga saat ini bersama istri yang juga pelukis, Grace Tjondronimpuno, dan anak-anaknya tinggal di Kota Magelang.

Dedok mengaku memperoleh berbagai inspirasi untuk karya-karyanya, terutama seni rupa dari nilai-nilai kehidupan masyarakat yang beragam, lingkungan alam, dan perkembangan global.

Sejumlah karya dalam pameran tunggal ke-10 tersebut, antara lain berjudul Falling in Love in Magelang, Badai Pasti Berlalu, Doa dan Harapan, The Barong Love and Peace, Hebat Kamu Dok!, Thudong#1, dan Thudong#2..

"Keberagaman sebagai nilai-nilai kehidupan yang memberi inspirasi," katanya.

Dosen Seni Murni Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta I Gede Arya Sucitra. menilai sang pelukis itu memiliki perjalanan "ulak-alik" Jawa-Bali dalam proses pencarian pematangan dan penyemaian kreativitas berkarya seni.

Ia mengemukakan tema "On Multiculturalism" dalam pameran itu secara prinsip mengarahkan cara pelukis menyalakan kembali nilai-nilai kebersamaan dalam perbedaan.

"Karya-karyanya mencoba merefleksikan alam fenomena budaya keseharian yang tampak sebagai ruang berbagi rasa atas kekuatan cinta kasih sayang, perhatian, dan dedikasi keharmonisan di antara pilihan berbagai patahan realitas yang semakin rumit," katanya.

Ketua Dewan Kesenian Kota Magelang Muhammad Nafi mengemukakan pameran itu hendak mengungkapkan bahwa melalui simbol yang beraneka ragam dapat terlihat keanekaragaman manusia dalam memandang dunia.

"Ini (pameran) seakan-akan pernyataan yang mengungkapkan sejauh mana simbol-simbol budaya tersebut mampu berbicara menyuarakan keberadaannya," kata dia.

Sebelum pameran dibuka, pelukis Dedok bersama penari Kota Magelang Lyra de Blauw, dengan diiringi tabuhan musik trunthung para seniman petani kawasan Gunung Merbabu yang tergabung dalam Padepokan Wargo Budoyo Dusun Gejayan, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang melakukan performa seni mengelilingi Alun-Alun Kota Magelang yang lokasinya di depan Gedung Lokabudaya Kota Magelang.
 

Pewarta: M. Hari Atmoko
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023