Kami mantan-mantan atlet dan sesepuh sepakat mendukung pencalonan Pak Justian sebagai Presiden BWF demi perkembangan bulu tangkis di Indonesia dan di dunia,"
Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah legenda bulu tangkis Indonesia mendukung pencalonan Justian Suhandinata maju sebagai Presiden Bulu Tangkis Dunia (BWF) periode 2013-2017.

"Kami mantan-mantan atlet dan sesepuh sepakat mendukung pencalonan Pak Justian sebagai Presiden BWF demi perkembangan bulu tangkis di Indonesia dan di dunia," kata Ricky Soebagja, mewakili atlet dalam jumpa pers di kantor KONI, Jakarta, Rabu.

Beberapa atlet bulu tangkis yang menyatakan dukungannya antara lain Tan joe hok, Juniarto Suhandinata, Ade Chandra, Heryanto Saputra, Eddy Hartono, Haryanto Arbi, Chandra Wijaya, Ricky Soebagja, dan Lius Pongoh.

"Sebenarnya masih banyak lagi yang lain seperti Susi Susanti dan Alan Budikusuma, tetapi mereka berhalangan hadir. Kami berharap mudah-mudahan bulu tangkis tetap ada di Olimpiade," ujar Ricky yang juga mewakili Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) selaku humas.

Ricky mengatakan bentuk dukungan kepada Justian rencananya akan diwujudkan dalam sebuah seremonial yang masih berkaitan dengan bulu tangkis. "Kami akan kumpul tetapi masih mencocokkan waktunya," tambahnya.

Justian yang menjadi anggota dewan BWF sejak tahun 2008 itu menyatakan dirinya didukung negara yang kuat di bulu tangkis seperti China, Jepang, Thailand, Taipei, Hong Kong, Macau, Sri Lanka.

"Sudah ada pendekatan juga ke Afrika dan mendapat dukungan penuh selain Skotlandia dan beberapa negara pecahan Rusia," ujar Justian.

Hingga saat ini, Justian memiliki dua pesaing yakni Ketua Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM), Nazmi Saleh, dan Paul Eric yang merupakan peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996. Dari total 307 pemilih, Justian mengklaim telah memegang sekitar 55 persen pendukung.

Dalam pencalonannya ini, Justian menyerukan visi misinya untuk mempertahankan bulu tangkis di Olimpiade serta menyebar bulu tangkis ke seluruh dunia.

"Saya ingin membangun training center di seluruh dunia," katanya.

Pemilihan Presiden BWF akan berlangsung pada tanggal 18 Mei di Kuala Lumpur, Malaysia, sebelum perhelatan kejuaraan Piala Sudirman. 

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013