"Kalau ada dua calon dari Asia, mana mungkin ada Asian Unity...
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) Dato Sri Mohd Nadzmi Bin Mohd mengundurkan diri dari pencalonan Presiden Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dan siap memberikan dukungan penuh kepada kandidat lain asal Indonesia, Justian Suhandinata.

"Saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari pencalonan saya sebagai Presiden BWF. Langkah ini saya lakukan agar saya lebih fokus menjabat sebagai Presiden BAC," kata Nadzmi seperti dikutip dari rilis yang diterima ANTARA News, Senin.

Dengan mundurnya Nadzmi, langkah Justian kian mulus sebagai satu-satunya perwakilan dari Asia untuk berjuang menduduki jabatan sebagai Presiden BWF 2013-2017. Sebelumnya, terdapat tiga calon yang akan bersaing dalam pemilihan yang akan berlangsung sebelum digelarnya Kejuaraan Piala Sudirman pertengahan Mei mendatang, yaitu Nadzmi, Justian dan mantan pebulu tangkis dunia, Poul Erik Hoyer Larsen asal Denmark.

Sebelumnya, Nadzmi terpilih secara aklamasi sebagai Presiden BAC dalam Extraordinary General Meeting (EGM) Konfederasi Bulu Tangkis Asia (BAC) di Bangkok, menggantikan Katsuto Momii asal Jepang yang terpaksa lengser karena mendapat mosi tidak percaya karena dinilai gagal dalam memimpin BAC.

"Keputusan ini adalah demi solidaritas Asia. Kita ingin Asian Unity tetap terjaga. Maka, saya memilih mundur agar hanya ada satu calon Presiden BWF asal Asia yang maju. Dia adalah Pak Justian dan pasti akan saya dukung dia untuk terus maju," tegas Nadzmi.

Justian menyambut gembira keputusan pengusaha otomotif Negeri Jiran tersebut. Ketua Umum PB Tangkas Specs itu sangat menghargai jiwa besar Nadzmi yang memilih mundur dan memberikan jalan lapang kepada dirinya untuk maju dalam pemilihan Presiden BWF.

"Terima kasih atas jiwa besar Datuk Nadzmi dengan menarik pencalonan dirinya sebagai kandidat President BWF. Semua itu dilakukan agar calon dari Asia bisa menang melawan calon dari negara lain," ujar Justian.

Council Member BWF ini pun menyatakah bahwa dukungan dari Datuk Nadzmi tersebut akan makin membesarkan semangat dan keyakinan dirinya untuk terus berjuang menduduki jabatan President BWF bersaing dengan Poul Erik. 

"Saya makin optimistis untuk terus maju dalam pemilihan Presiden BWF. Dukungan ini makin memperkuat keyakinan saya untuk terus berjuang. Apalagi negara-negara besar Asia sudah menyatakan bakal mendukung saya," tutur Justian.

Pewarta: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013