Jakarta (ANTARA) - Agar pemilihan pakaian lebih sesuai dengan diri seseorang, selebgram Chika Alifia mengungkapkan beberapa kesalahan yang perlu dihindari agar tidak salah memilih gaya berpakaian.

“Menurut aku kesalahan yang bikin outfitnya kelihatan kurang bagus itu dari pemilihan size sih. Karena namanya pakai outfit, pertama-tama kita harus tahu dulu bentuk badan kita,” ungkap Chika saat dijumpai di Creative Hall, M Bloc Space, Jakarta Selatan, Minggu.

Chika mencontohkan dirinya sendiri yang memiliki bagian kaki yang besar. Untuk seseorang yang memiliki bentuk tubuh seperti itu, Chika menyarankan agar memilih pakaian yang tidak terlalu ketat di area tersebut.

Baca juga: Kiat padu padan batik dengan gaya berpakaian sehari-hari

Selain itu, jika ingin mengikuti tren pakaian oversized atau kebesaran, Chika pun juga menyarankan agar tidak memilih ukuran pakaian yang terbesar.

Sebab, menggunakan gaya oversized bukan berarti mengenakan pakaian sebesar-besarnya. Mengenakan pakaian yang terlalu besar pun dapat menyebabkan seseorang akan tampak lebih gemuk.

Oversized itu bukan berarti pakai baju yang sebesar-besarnya. Tapi, balik lagi, kita harus menyesuaikan juga dengan ukuran kita. Jadi, mungkin cukup dinaikkan satu atau dua ukuran saja kalau mau pakai gaya oversized,” Chika menjelaskan.

Memilih pakaian juga perlu disesuaikan dengan tipe warna kulit seseorang, kata Chika. Pemilihan warna yang salah dapat menyebabkan kulit tampak lebih kusam saat menggunakan pakaian tersebut.

“Pemilihan warna juga bisa mempengaruhi bentuk tubuh seseorang. Misalnya orang dengan tubuh yang agak berisi itu bisa pakai pakaian berwarna netral dan gelap seperti hitam. Putih juga bisa kalau mau yang terang. Warna-warna itu bisa membuat tubuh terlihat lebih slim (ramping),” kata Chika.

Kendati demikian, hal yang terpenting saat berpakaian menurut Chika adalah memiliki kepercayaan diri. Jika seseorang percaya diri dengan apa yang dia kenakan, pakaian tersebut pun akan tampak lebih bagus lagi untuk orang tersebut.

"Nggak usah bergantung sama pendapat orang. Pakai saja. Karena kalau sudah nggak pede duluan, nanti apa-apa itu jadi jelek. Jadi, yang penting harus percaya diri," kata Chika.

Baca juga: Tips padu padan gaya berpakaian untuk momen Lebaran

Baca juga: Tips memilih busana kasual nyaman dan simpel

Baca juga: Tips padupadan gaya kasual dengan aksesoris kekinian


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023