Banjarmasin (ANTARA) - Petugas Bhabinkamtibmas Polsek Banjarbaru Utara bersama dengan aparat kelurahan dan warga setempat mengamankan seekor buaya yang berkeliaran di Sungai Guntung Jingah, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan pada Sabtu (10/6) malam.

“Buaya sudah diamankan oleh petugas, tidak ada korban jiwa,” ucap Kapolsek Banjarbaru Utara Kompol Yopie Andri Haryono saat dikonfirmasi di Banjarmasin, Minggu.

Ia mengatakan personel Bhabinkamtibmas bersama warga setempat mengevakuasi buaya tersebut pada malam hari setelah ada laporan buaya berkeliaran pada siang dan sore hari.

Yopie menuturkan penemuan seekor buaya tersebut bermula dari laporan salah seorang warga setempat yang sedang memancing ikan di sekitar sungai.

“Setelah ada laporan, pihak kelurahan setempat bersama petugas serta warga bersama-sama mencari keberadaan buaya,” katanya.

Baca juga: Nelayan Gorontalo Utara jaring buaya sepanjang 4,7 meter
Baca juga: Warga Bukit Layang Bangka berhasil tangkap buaya tiga meter


Dia menyebutkan setelah seluruh pihak bekerja sama menyusuri sungai akhirnya buaya tersebut berhasil ditemukan dan segera diamankan pihaknya.

Ia mengungkapkan panjang buaya sekitar satu meter dan tidak terlalu besar serta tidak menimbulkan bahaya berlebihan.
Petugas bersama warga setempat bekerja sama mencari keberadaan buaya di sekitar Sungai Guntung Jingah, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (10/6) malam. ANTARA/HO-Polsek Banjarbaru Utara


Lebih lanjut, meskipun buaya tidak berukuran besar, ia mengimbau warga setempat agar tetap berhati-hati.

Yopie meminta warga tidak beraktivitas di sekitar sungai untuk sementara waktu guna menghindari hal yang membahayakan.

Ia mengatakan kemunculan buaya di sungai tidak terlalu menimbulkan masalah besar karena masih dapat diatasi oleh petugas dan warga setempat.

Dia menyampaikan buaya tersebut akan diserahkan oleh petugas kepada pihak yang berwenang yakni BKSDA Kalsel untuk dilakukan tindakan lebih lanjut terkait asal usul munculnya buaya tersebut.

Baca juga: Warga Agam Sumatera Barat diserang buaya saat mencari ikan
Baca juga: Warga Gorontalo Utara selamatkan buaya terkurung di sero
Baca juga: Taman Safari bantu evakuasi lima ekor buaya dari Ciamis-Cirebon

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023