Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) memberikan strategi pembelajaran mandiri atau self regulated learning (SRL) sebagai implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam transfer ilmu pengetahuan.

"Strategi SRL diperlukan bagi mahasiswa peserta Program Asistensi Mengajar yang nantinya praktik di satuan pendidikan," kata dosen ULM yang memberikan pelatihan penggunaan strategi SRL Elvina Arapah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin.

Elvina menjelaskan kemampuan mahasiswa dalam meregulasi pembelajarannya sendiri akan menentukan keberhasilannya dalam mencapai tujuan akademik pada Program Asistensi Mengajar.

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat wisuda 1.300 sarjana program MBKM

"SRL mengacu pada proses di mana pembelajar mengendalikan pembelajaran mereka sendiri, memantau dan mengelola proses kognitif mereka, dan mengatur motivasi dan emosi mereka untuk mencapai tujuan pembelajaran mereka," katanya.

Dengan kata lain, mahasiswa yang memiliki kemampuan SRL yang baik akan mengambil peran aktif dalam pembelajaran mereka sendiri dengan cara merencanakan, memantau, dan mengevaluasi strategi belajar mereka dan menyesuaikannya.

Elvina mengungkapkan beberapa penelitian menunjukkan SRL merupakan kunci dalam pembelajaran yang menemukan bahwa siswa yang diajari strategi SRL memiliki kemampuan akademik yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak diajari strategi SRL.

Baca juga: ULM bantu mahasiswa dapatkan golden tiket direkrut industri mitra

"Adanya pengaruh yang positif dari SRL terhadap kesuksesan akademik bagi mahasiswa yang mampu meregulasi diri mereka," katanya.
Elvina Arapah dan Cayandrawati bersama mahasiswa yang mengikuti pelatihan penggunaan strategi SRL. (ANTARA/Firman)


Selain kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP ULM, dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Program Dosen Wajib Mengabdi (PDWA), Elvina bersama dosen lainnya dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP ULM Cayandrawati memberikan pelatihan penggunaan strategi SRL juga kepada mahasiswa UNUKASE, UMB, UNISKA, STKIP PGRI Banjarmasin, UNISM, UIN Antasari, dan STKIP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Baca juga: Kemendikbudristek gaet 110 mahasiswa ULM ikut Kemah Budaya Kaum Muda

Program Asistensi Mengajar merupakan bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa secara terbimbing di bawah bimbingan dosen dan guru pamong di satuan pendidikan formal yang dilaksanakan selama satu semester atau setara 20 SKS.

Pewarta: Firman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023