Jakarta (ANTARA) - Kepala Pelatih Tunggal Putra Pelatnas PBSI Irwansyah memastikan tiga wakil Indonesia di nomor tersebut siap tampil maksimal di Indonesia Open 2023 yang akan digelar di Istora Senayan Jakarta, 13-18 Juni.

“Insyaallah, mudah-mudahan (bisa tampil maksimal). Pokoknya semua pemain sudah kami siapkan untuk banyak pertandingan. Apa pun kejuaraannya, di mana pun kejuaraannya, mereka siap. Mudah-mudahan di Indonesia Open, di rumah sendiri ini, saya berharap mereka bisa dapat hasil yang bagus,” kata Irwansyah saat ditemui di Istora Senayan Jakarta, Senin.

Ia melanjutkan, hal yang selalu ia ingatkan kepada para atlet asuhannya adalah untuk dapat menikmati setiap pertandingan dengan percaya diri, mengingat seluruh pemain sudah berlatih dengan keras dan akan tampil di hadapan para pendukung dalam negeri.

“Yang saya selalu sering bilang ke mereka adalah harus enjoy. Karena masyarakat mau nonton pertunjukan, jadi (performanya) harus mantap dan tidak mengecewakan, harus bisa dinikmati oleh semua orang yang nonton,” kata Irwansyah.

“Kalau satu tekanan buat mereka itu tidak ada kalau dari saya. Tapi, (Indonesia Open) adalah penilaian (untuk) Olimpiade. Kalau sudah under pressure terlebih dahulu, tidak bisa (tampil lepas). Asal latihannya oke, semua pasti bagus,” imbuhnya.

Jika dijabarkan satu per satu, Irwansyah menilai Anthony Sinisuka Ginting masih dalam kondisi prima menyusul kemenangannya di Singapore Open 2023 baru-baru ini.

Baca juga: Kunlavut nantikan persaingan sengit di Indonesia Open 2023

“Dibilang capai pasti capai. Tapi kita sudah siapkan mereka untuk benar-benar siap tempur di semua kejuaraan. Habis juara kemarin harusnya (Ginting) lebih PD,” kata dia.

Sementara untuk Jonatan Christie yang penampilannya belakangan ini menurun usai memenangkan gelar Indonesia Masters 2023, dinilai masih membutuhkan waktu untuk bangkit kembali ke performa terbaiknya.

“Satu tekanan itu yang dia memang harus keluar dari situ. Saya kira, untuk keluar dari sana tidak segampang yang dipikirkan orang-orang,” kata Irwansyah.

“Menurut saya ada masanya, kalau Jojo akan balik juara. Jadi sabar dulu, karena dia latihannya bagus, disiplin mereka dari makan, tidur, semuanya bagus. Mereka anak-anak yang mau maju. Ada Chico (Aura) juga, Christian (Adinata), dan pemain muda lainnya, mereka juga mengejar. Mudah-mudahan tunggal putra terus bisa berhasil,” imbuhnya.

Sedangkan terkait Christian Adinata yang masih cedera, Irwansyah mengatakan peraih emas SEA Games 2023 Kamboja itu memiliki semangat juang yang tinggi untuk dapat pulih dan bisa kembali berkompetisi di berbagai ajang mendatang.

“Dari fisioterapi, otot … Christian semangat untuk melakukan semuanya. Fighting spirit-nya dia bagus sekali,” ujarnya.

Baca juga: Jonatan antusias untuk berlaga di Indonesia Open 2023
Baca juga: Marcus/Kevin dan Vito mundur dari Indonesia Open 2023 karena cedera


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023