Jakarta (ANTARA) - Pasangan ganda campuran Indonesia Rehan N Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati mengakhiri perlawanan sengit ganda Malaysia Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie melalui rubber game di babak 32 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan Jakarta, Selasa.

Rehan/Lisa meraih kemenangan dengan skor 13-21, 26-24, dan 21-17 atas pasangan Goh/Lai dalam pertandingan berdurasi 68 menit itu.

“Saya tadi main di gim pertama agak nervous, mungkin karena faktor penonton juga dan tertekan. Tapi kami bisa bangkit membalikkan keadaan di gim kedua. Yang penting usaha dulu untuk mengejar dan alhamdulillah berhasil merebut set kedua,” kata Rehan dalam jumpa pers.

“Kurang lebih sama. Di gim satu saya main tidak yakin dan akhirnya Rehan bilang ke saya untuk ‘Ayo, kita ambil gim dua dan lebih yakin’,” imbuh Lisa.

Pertandingan gim pertama berlangsung seru. Kedua pasangan saling memberikan perlawanan sengit satu sama lain. Namun, Rehan/Lisa belum bisa mengimbangi dengan baik ritme permainan Goh/Lai dan tertinggal jauh hingga akhirnya pasangan Malaysia merebut gim pertama.

Berbeda dengan gim awal, peraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja itu bangkit dengan terus memberikan tekanan pada lawan pada gim kedua.

Di gim tersebut, Rehan/Lisa memaksa pasangan Malaysia untuk bermain mengikuti ritme permainan mereka yang panjang namun taktis. Meski sempat tertinggal dan terjadi deuce, namun pasangan Indonesia mampu merebut gim kedua.

Baca juga: Rehan/Lisa berniat balas dendam pada Goh/Lai di Indonesia Open

Pertandingan di gim kedua sempat diwarnai mati lampu selama kurang lebih 4–5 menit di poin kritis yang diraih oleh Rehan/Lisa.

“Set kedua saya ingat mati lampunya di poin 24-23 dan kita harus fokus, jangan buyar fokusnya. Soalnya sudah poin kritis, kalau tidak fokus, ya nanti kalah,” ujar Rehan.

Berlangsung sama sengitnya, Rehan/Lisa tidak mengendurkan semangat mereka di babak pamungkas. Teriakan “Indonesia, Indonesia” dari penonton yang memadati Istora Senayan pun semakin menjadi pendorong pasangan Indonesia untuk memenangkan pertandingan.

“Poin terakhir itu termasuk bola hoki dan berpihak sama kita,” ujar Rehan terkait poin kemenangannya di gim pamungkas.

Kemenangan di babak pertama tersebut sekaligus membalas kekalahan ganda campuran Indonesia itu dari pasangan Malaysia pada pertemuan sebelumnya di babak pertama Singapore Open beberapa waktu lalu.

Di babak 16 besar Indonesia Open 2023, Rehan/Lisa akan bertemu pemenang dari laga Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris) kontra Mathias Thyrri/Amalie Magelund (Denmark).

Baca juga: Fajar/Rian belum temui kendala pada babak pembuka Indonesia Open
Baca juga: Sindhu sebut pentingnya jaga fokus pada perebutan poin Olimpiade


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023