Jakarta (ANTARA) - Samsung Electronics mengumumkan bahwa chip terbarunya Exynos Exynos Auto V920 bakal mengotaki sistem infotainment kendaraan Hyundai mendatang, yang menurut jadwal diluncurkan pada 2025.

Kabar baru ini menandai kolaborasi pertama untuk semikonduktor otomotif sesama perusahaan Korea, Samsung dan Hyundai Motor Company.

"Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Hyundai Motor, produsen mobilitas global terkemuka, dan kami mengantisipasi bahwa kemitraan ini akan semakin memperkuat posisi kami di bidang infotainment otomotif," kata Jae Geol Pyee, Executive Vice President of Sales & Marketing, System LSI Business Samsung Electronics, dalam pernyataan resmi, Selasa.

Melalui kolaborasi erat dengan pelanggan global dan mitra ekosistemnya, Samsung akan terus menciptakan solusi chip otomotif mutakhir yang menawarkan pengalaman mobilitas yang aman dan menyenangkan.

Exynos Auto V920 adalah prosesor otomotif generasi ketiga dari Samsung untuk sistem IVI mutakhir. Dengan peningkatan yang cukup besar pada kinerja CPU, grafis dan pemrosesan neural, V920 akan memberikan pengalaman di dalam kendaraan yang optimal dengan memungkinkan tampilan real-time dari informasi mengemudi yang penting, dan juga pemutaran konten video yang kaya grafis dan game yang lancar di beberapa layar.

Baca juga: Samsung konfirmasi masalah kamera blur pada Galaxy S23 dan Galaxy S23+

CPU V920 mengemas 10 core terbaru Arm yang dioptimalkan untuk mengemudi secara otonom, memungkinkan kinerja pemrosesan 1,7 kali lebih besar dari generasi sebelumnya.

Dengan dukungan kecepatan mutakhir memori LPDDR5, V920 dapat secara efisien mengelola hingga enam layar beresolusi tinggi untuk dasbor, infotainment, dan sistem hiburan di kursi belakang, dan hingga 12 sensor kamera yang menangkap informasi visual penting.

Peningkatan yang signifikan telah dilakukan pada grafis dan kinerja kecerdasan buatan (AI) pada prosesor, meningkatkan presentasi visual pada layar dan mengoptimalkan interaksi pengemudi dengan informasi di dalam mobil.

Untuk memberikan antarmuka pengguna grafis (GUI) yang kaya, V920 mengintegrasikan core GPU canggih dengan kemampuan pemrosesan grafis hingga dua kali lebih cepat dari pendahulunya.

Dengan menggabungkan inti komputasi terbaru, neural processing unit (NPU) mencapai kinerja 2,7 kali lebih besar dari generasi sebelumnya. Hal ini memungkinkan V920 untuk mendukung fitur pemantauan pengemudi yang disempurnakan untuk mendeteksi kondisi pengemudi dengan lebih baik dan dengan cepat menilai lingkungan sekitar, sehingga memberikan kondisi berkendara yang lebih aman.

Untuk lebih meningkatkan keselamatan pengemudi, safety island yang dibenamkan pada V920 - sesuai dengan persyaratan Automotive Safety Integrity Level B (ASIL-B) - mendeteksi dan mengelola kesalahan secara real-time, menjaga sistem IVI tetap aman.

Baca juga: Samsung dipastikan rilis Galaxy Z series akhir Juli 2023 di Korea

Baca juga: Samsung cari bakat gamers melalui Galaxy Gaming Academy

Baca juga: Samsung ungkap faktor masyarakat Indonesia membeli ponsel baru

Pewarta: Suryanto
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023