Sumbangsih dari Muhammadiyah yang diberikan kepada Kota Surabaya ada banyak hal di antaranya penurunan kemiskinan dan stunting di Surabaya juga ada kontribusi dari Muhammadiyah
Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, Eri Cahyadi mengajak Persyarikatan Muhammadiyah dan Aisyiah untuk ikut bersama-sama membangun "Kota Pahlawan" itu.

"Saya yakin, bersama pimpinan daerah Muhammadiyah dan pimpinan daerah Aisyiyah mampu menghilangkan kegelapan dan memberikan terangnya di Kota Surabaya," kata Eri Cahyadi saat menghadiri Pengukuhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Kota Surabaya periode 2022-2027 di Airlangga Convention Center (ACC), Surabaya, Selasa.

Wali Kota optimistis, Pemerintah Kota Surabaya dan Muhammadiyah bisa bersama-sama membangun dan menuntaskan berbagai masalah sosial yang terjadi di kota ini.

"Sinergi antara pemkot dengan Muhammadiyah bisa mengurangi kemiskinan, bayi stunting, angka kematian ibu dan anak, dan mampu ikut serta mensejahterakan warga Surabaya," kata Cak Eri panggilan akrabnya.

Bukan cuma itu, ia semakin yakin, dengan lembaga pendidikan yang dimiliki oleh Muhammadiyah dapat memberikan pencerahan dan membentuk karakter anak-anak di Kota Surabaya.

"Sumbangsih dari Muhammadiyah yang diberikan kepada Kota Surabaya ada banyak hal di antaranya penurunan kemiskinan dan stunting di Surabaya juga ada kontribusi dari Muhammadiyah," ujarnya.

Acara bertema "Profesionalitas SDM Wujudkan Muhammadiyah Berkemajuan" ini juga dihadiri oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Sukadiono, Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Timur Rukmini Amar, dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya Muhammad Ridwan, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Surabaya, dan masih banyak lainnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Sukadiono berharap, sumber daya manusia (SDM) warga Muhammadiyah di Surabaya bisa memberikan kontribusi serta mengembangkan amal usaha pendidikan dan kesehatan, baik bagi Muhammadiyah dan Aisyiyah maupun untuk Kota Pahlawan.

"Saya berharap, jaga kekompakan, kebersamaan, bangun komunikasi dengan seluruh komponen di Kota Surabaya baik itu internal maupun eksternal. Insya Allah Pak Wali (Eri Cahyadi) juga akan banyak membantu kita," katanya.

Baca juga: Wali Kota Surabaya: NU-Muhammadiyah perlu sinergikan program bersama

Baca juga: Muhammadiyah: Maraknya gangster di Surabaya harus disikapi serius

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Surabaya beri bonus kapten Timnas U-22

Baca juga: Haedar Nashir resmikan FKG UM Surabaya

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023