Jakarta (ANTARA) - PT iForte Solusi Infotek (iForte) dan BCA kembali menggelar pertunjukan seni budaya bertajuk Pagelaran Sabang Merauke, yang diklaim akan lebih megah dari tahun sebelumnya sebab melibatkan lebih dari 300 seniman Indonesia.

"Pagelaran Sabang Merauke tahun ini akan lebih megah dan spektakuler karena melibatkan lebih dari 300 seniman Indonesia," kata Wakil Presiden Direktur iForte Silvi Liswanda melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta pada Rabu.

Ia menambahkan, berbagai tarian tradisional dan modern akan dipertunjukkan secara kolosal untuk mengiringi 31 lagu daerah dan nasional yang dibawakan oleh musisi ternama Tanah Air.

Baca juga: Bangkitkan cinta budaya bangsa lewat "Pagelaran Sabang Merauke"

Dipandu oleh MC Indra Bekti dan Endah Laras, Pagelaran Sabang Merauke tahun ini mengangkat tema "Pahlawan Nusantara" dan akan diselenggarakan di JIEXPO Theater Kemayoran pada 19-20 Agustus mendatang dengan total 4 kali pertunjukan.

Adapun nama-nama yang mengisi gelaran tersebut antara lain Isyana Sarasvati, Cantika Abigail, Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, Gabriel Harvianto, Batavia Madrigal Singers, dan Jakarta Concert Orchestra yang dipimpin oleh Avip Priatna, musisi Dian HP, Ammir Gita, Meidy Ratnasari, Kiki Dunung, budayawan senior Butet Kertaradjasa, seniman tari Mugiyono Kasido, Gunk Mas, Abib Igal, Okvalica, ventriloquist Kak Tony.

Para perancang busana terkemuka di Indonesia seperti Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Ghea Panggabean, Taufik Bachtiar, Iwan Tirta, juga akan menghadirkan karya mereka dalam peragaan busana etnik Indonesia, yang akan diperagakan oleh Miss Mega Bintang 2023 serta Miss Grand Ritassya Wellgreat.

Sebagai salah satu pengisi acara, Isyana Sarasvati mengaku senang dan bangga bisa terlibat dalam Pagelaran Sabang Merauke. Ia juga mengaku antusias dalam persiapan menuju hari H pagelaran.

"Saya pribadi jadi semakin mengenal lebih banyak lagi kekayaan seni dan budaya Indonesia yang luar biasa. Bersama teman-teman seniman lainnya tentu saya ingin memberikan penampilan yang terbaik dalam Pagelaran Sabang Merauke nanti,” katanya.

Menjelang hari H pagelaran, iForte dan BCA pun mengadakan acara syukuran bersama ratusan seniman pertunjukan di Yogyakarta.

Dalam acara syukuran tersebut, hadir sutradara Pagelaran Sabang Merauke Rusmedi Agus, koreografer Pagelaran Sabang Merauke Sandhidea Cahyo Narpati, dan para penyanyi yang akan tampil di Pagelaran Sabang Merauke seperti Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, desainer Era Soekamto, Taufik Bachtiar, Linda Griya Ageman, Anggoro Kancil, MC Endah Laras, dan stage expert Iskandar Loedin serta ratusan seniman tari dan musik.

Sebagai informasi, Pagelaran Sabang Merauke pertama kali digelar di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta pada Februari 2022 yang kemudian berlanjut di Djakarta Theater, Jakarta Pusat pada awal Juni 2022. Menuai respon positif, pertunjukan pun kembali diselenggarakan pada November 2022 di Ciputra Artpreneur.

CEO dan Presiden Direktur iForte dan Protelindo Group Ferdinandus Aming Santoso mengatakan, Pagelaran Sabang Merauke bukan sekadar pertunjukan seni dan budaya namun juga mengusung semangat persatuan yang akan selalu relevan bagi bangsa Indonesia, khususnya generasi muda.

"Oleh karena itu kami berkomitmen untuk terus menyelenggarakan Pagelaran Sabang Merauke sebagai sarana pengenalan berbagai budaya Tanah Air kepada generasi muda,” ujar Aming.

Baca juga: Pagelaran Sabang Merauke ajak pemuda lestarikan budaya

Baca juga: Seniman ASEAN-Korea lakukan pertukaran melalui pertunjukan seni

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023