• East Ventures Sustainability Report 2023 memberikan gambaran mendalam tentang perjalanan East Ventures dalam mengkatalisasi dampak pada ekosistemnya guna mewujudkan keberlanjutan
  • Sebagai laporan kedua, East Ventures Sustainability Report 2023 menekankan komitmen East Ventures yang kuat terhadap transparansi, serta perannya dalam menciptakan jalan menuju masa depan yang berkelanjutan


Jakarta, Indonesia, (ANTARA/PRNewswire)- East Ventures, perusahaan venture capital (VC) terkemuka dan pionir investasi startup teknologi di seluruh sektor (sector-agnostic) di Indonesia, meluncurkan East Ventures Sustainability Report 2023. Laporan ini menunjukkan komitmen berkelanjutan East Ventures dan ekosistemnya untuk mengintegrasikan kerangka kerja dan praktik Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST / Environmental, Social, and Governance (ESG)) dalam menciptakan nilai berkelanjutan untuk masyarakat.


East Ventures Sustainability Report 2023

"Laporan East Ventures Sustainability Report kedua sejalan dengan misi East Ventures untuk tidak hanya memberikan keuntungan finansial yang kuat tetapi juga memberikan dampak yang berarti serta berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat. Dengan mematuhi standar ESG, kami percaya bahwa kami dapat memaksimalkan terciptanya dampak dari investasi dan inisiatif kami. Kami memungkinkan perusahaan berpotensi besar untuk mengembangkan keberlanjutan nilai yang dijanjikan (market proposition), sehingga memberdayakan masyarakat untuk menjadi semakin inklusif, dan ekonomi wilayah menjadi semakin makmur," kata Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures.

Sebagai investor berkelanjutan, East Ventures telah menerapkan prinsip dan standar ESG serta manajemen dampak dalam mengambil keputusan investasinya. East Ventures mengambil pendekatan yang dapat dipraktikan untuk menghasilkan dan mengkatalisasi dampak positif dengan memprioritaskan penciptaan bisnis inti yang kokoh sebagai fondasi pembangunan berkelanjutan. East Ventures mendukung para founder yang menjanjikan dan tim mereka dalam mengembangkan berbagai produk inovatif dan model bisnis yang kuat. Dengan memungkinkan bisnis-bisnis ini untuk tumbuh secara substansial dan berkelanjutan, East Ventures mendorong kolaborasi untuk menciptakan strategi yang lebih terfokus dalam menghasilkan nilai tambah yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan.

Laporan ini menyajikan kerangka investasi berkelanjutan dan inisiatif ESG East Ventures untuk memberikan informasi transparan mengenai kinerja tata kelola perusahaan yang berkelanjutan. Laporan ini merangkum berbagai pencapaian yang telah diraih, termasuk dampak yang diciptakan melalui investasi, dampak yang dipimpin oleh East Ventures, dan dampak pada tempat kerja.
Infografik - East Ventures Sustainability Report 2023





"Kami sangat senang bisa meluncurkan laporan kedua dari East Ventures Sustainability Report 2023 dan menunjukkan bagaimana komitmen dan pencapaian dampak yang berkembang dengan stabil sejak laporan keberlanjutan pertama yang kami rilis pada tahun lalu. Kami merasa bangga dengan pencapaian kami dan akan tetap berkomitmen untuk terus menciptakan lebih banyak dampak positif berdasarkan strategi investasi berkelanjutan yang berfokus pada Berbuat Baik dan Menghindari Kerugian. Kami percaya laporan ini menunjukkan tekad kami untuk terus mendorong semakin banyak perubahan positif, menciptakan nilai tambah yang lestari, serta berkontribusi terhadap pertumbuhan masyarakat yang lebih baik," kata Avina Sugiarto, Partner East Ventures.

East Ventures Sustainability Report 2023 turut menunjukkan langkah-langkah proaktif East Ventures terhadap aksi perubahan iklim; laporan ini diperkaya dengan sorotan mengenai climate tech, serta pengungkapan inventaris gas rumah kaca (GRK) dari East Ventures sebagai langkah nyata menuju target emisi nol bersih (net zero).

Laporan East Ventures Sustainability Report 2023 bahasa Inggris dapat diunduh di east.vc/sustainability-report. Laporan bahasa Indonesia akan segera dirilis.

Tentang East Ventures

East Ventures adalah perusahaan venture capital (VC) yang terbuka pada seluruh sektor (sector-agnostic) dan pelopor investasi startup Indonesia. Berdiri pada tahun 2009, East Ventures telah bertransformasi menjadi sebuah platform holistik yang menyediakan investasi tahap awal hingga tahap lanjutan untuk lebih dari 300 perusahaan teknologi di Asia Tenggara.

Sebagai perusahaan yang percaya pada ekosistem startup di Indonesia, East Ventures adalah investor pertama di unicorn Indonesia, yaitu Tokopedia dan Traveloka. Perusahaan lainnya yang tergabung dalam portofolio East Ventures adalah Ruangguru, SIRCLO, Kudo (diakuisisi oleh Grab), Loket (diakuisisi oleh Gojek), Tech in Asia, Xendit, IDN Media, MokaPOS (diakuisisi oleh Gojek), ShopBack, KoinWorks, Waresix, dan Sociolla.

East Ventures dinobatkan sebagai VC berkinerja tinggi paling konsisten secara global oleh Preqin dan investor paling aktif di Asia Tenggara dan Indonesia oleh beberapa media. Selain itu, East Ventures merupakan perusahaan venture capital pertama di Indonesia yang menandatangani Principle of Responsible Investment (PRI) yang didukung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). East Ventures berkomitmen untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dan membawa dampak positif kepada masyarakat melalui inisiatif dan praktik yang berlandaskan environmental, social and governance (ESG).

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023