... naik lebih dari dua kali lipat... "
Jakarta (ANTARA News) - Para peraih Grammy Awards tidak sekedar membawa pulang piala, penjualan album mereka pun turut menanjak setelah penampilan mereka pada perhelatan musik itu.

Single dan album para peraih Grammy, seperti trio FUN. dan Mumford & Sons, dan naik lebih dari dua kali lipat.

Berdasarkan angka penjualan yang dikeluarkan Jumat lalu, single milik FUN. yang berjudul "We Are Young" naik hingga 182 persen setelah berhasil meraih "Song of The Year" dan "Best New Artist" di Gramyy pekan lalu.

Peraih "Album of The Year", band folk asal Inggris raya Mumford & Sons bertambah 116 persen untuk penjualan single "I Will Wait", seperti yang dikutip dari Reuters.

Album "Making Mirror" dari musisi Australia Gotye pun menanjak bila dibandingkan dengan sepekan sebelum Grammy Awards digelar, sebanya 124 persen.

Bintang R&B Frank Ocean, yang memboyong dua Grammy, mendapat 140 persen kenaikan untuk albumnya "Channel Orange".

Penyanyi asal California, Miguel, 26, pun menuai keuntungan setelah ia tampil membawakan lagunya yang berjudul "Adorn"

Kenaikan itu terjadi segera setelah Grammy Awards disiarkan 10 Februari lalu, terutama dalam bentuk digital.

Tak hanya milik para peraih piala Grammy, penjualan karya musisi lawas pun turut terdongkrak.

"Take Five" milik pianis jazz Dave Brubeck naik 248 persen setelah Chick Corea, Stanley Clarke, dan Kenny Garrett menampilkan persembahan untuk sang musisi yang meninggal Desember lalu.

Veteran rocker The Band mengalami kenaikan 203 persen untuk kumpulan lagu terbaiknya setelah sejumlah musisi mengadakn penghormatan untuk mendiang drummer mereka Levon Helm.

(nta)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013