Mamuju (ANTARA) - Polresta Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat menjerat pelaku pembunuhan siswi SMA asal Kabupaten Mamasa, yang jasadnya ditemukan di dalam sungai di kawasan Jalan Arteri Kabupaten Mamuju, dengan pasal berlapis.

"Pelaku pembunuhan siswi SMA berinisial HS dijerat pasal 338 KUHPidana dan Undang-undang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman penjara 20 tahun," tegas Kasat Reskrim Polresta Mamuju Ajun Komisaris Polisi Jamaluddin, kepada wartawan di Mamuju, Rabu.

Kasat Reskrim menyampaikan, motif pembunuhan yang dilakukan HS terhadap siswi SMA asal Kabupaten Mamasa berinisial HN (16), yakni karena kesal saat korban menolak ajakan pelaku untuk berhubungan layaknya pasangan suami istri.

"Pelaku kesal saat korban menolak diajak berhubungan badan sehingga HS kemudian mencekik leher siswi SMA itu hingga tewas. Pelaku kemudian membuang jasad korban di sungai di kawasan Jalan Arteri Mamuju," ujar Jamaluddin.

Sebelum terjadinya pembunuhan tersebut, kata Jamaluddin, pelaku menjemput korban di rumahnya di Kabupaten Mamasa menggunakan mobil pick up dengan alasan akan mengajak jalan-jalan dan makan di Kota Mamuju.

"Saat berada di Jalan Arteri Mamuju itulah pelaku memaksa korban melakukan persetubuhan di atas mobil tersebut tetapi korban menolak sehingga membuat HS kesal kemudian mencekik HS hingga tewas," terang Jamaluddin.

Pelaku sendiri, tambah Kasat Reskrim, berhasil ditangkap tim Resmob Polresta Mamuju di Pelabuhan Semayang Balikpapan Kalimantan Timur, pada Selasa (13/6).

"Kasus ini berhasil terungkap kurang dari 24 jam setelah jasad korban ditemukan. Pelaku yang sempat melarikan diri usai melakukan pembunuhan berhasil kami tangkap di Pelabuhan Semayang Balikpapan," tegas Jamaluddin.

Sebelumnya, yakni pada Senin siang (12/6) sekitar pukul 12. 30 WITA, warga Kabupaten Mamuju digegerkan dengan penemuan jasad wanita mengapung di Sungai di kawasan Jalan Arteri.

Dari informasi yang berhasil dihimpun pada Senin sore (12/6) menyebutkan, jasad wanita yang belakangan diketahui berinisial HN itu, meninggalkan rumahnya pada Minggu (11/6) bersama HS menggunakan mobil pick up.

Hingga akhirnya, pada Senin siang (12/6) sekitar pukul 12.30 WITA, jasad HN ditemukan di sungai di kawasan Jalan Arteri Kabupaten Mamuju.
Baca juga: Polisi ungkap motif pembunuhan siswi yang jenazahnya dibuang di ladang
Baca juga: Kapolda Bengkulu minta warganet serahkan kasus pembunuhan siswi SMAN 4 kepada polisi

 

Pewarta: Amirullah
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023