Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan memenangkan pertandingan panjang melawan wakil Inggris Ben Lane/Sean Vendy dalam babak pertama Indonesia Open 2023 di Istora Senayan Jakarta, Rabu.

Pram/Yere menyelesaikan pertandingan berdurasi 56 menit melalui rubber game dengan skor 21-15, 13-21, 21-14 dan mengamankan tiket 16 besar turnamen BWF Super 1000 tersebut.

“Kami hari ini bermain tiga set. Di set pertama, kita memegang kontrol dan mereka (merasa) kurang enak (dalam mengembalikan bola), dan ada perbandingan angin di sisi lapangan mereka,” kata Pramudya dalam konferensi pers usai pertandingan.

"Namun, (angin) itu memengaruhi ke kita di set kedua. Dan di set ketiga kita berusaha ambil kemenangan di awal (interval) dan pasangan Inggris sepertinya kurang percaya diri dan itu menjadi keuntungan buat kita,” ujarnya.

Pada gim pertama, ganda putra peraih medali emas SEA Games 2023 itu tampil agresif meski sebelumnya sempat tertinggal 0-4 dari Lane/Vendy. Pram/Yere tidak jatuh dalam tekanan dan mencoba bangkit hingga merebut interval gim pertama dengan skor 11-7.

Baca juga: Hendra/Ahsan jadikan persaingan sengit di ganda putra sebagai motivasi

Selepas interval, Pram/Yere mencoba memperlebar jarak perolehan angka atas pasangan Inggris hingga unggul 15-11 dan akhirnya meraih kemenangan di gim perdana.

Pada gim kedua, Lane/Vendy mencoba memberikan tekanan dan serangan kepada Yere/Pram sehingga sulit untuk pasangan Indonesia menemukan celah demi meraih poin. Terlebih, arah angin di sisi lapangan pada gim kedua kurang menguntungkan bagi pasangan Merah Putih. Gim kedua akhirnya dimenangkan oleh Lane/Vendy 21-13.

Tak ingin berlama-lama memberikan euforia singkat kepada lawan, Pram/Yere kembali tampil kompak namun juga sabar di gim pamungkas. Setelah memastikan skor 11-8 pada interval gim ketiga, pasangan Indonesia tak ingin memberikan celah kepada Lane/Vendy yang sudah cukup tertekan dengan serangan-serangan, hingga akhirnya mengakui keunggulan Pram/Yere dengan skor 21-14.

Dengan kemenangan ini, Pram/Yere akan bertemu dengan wakil Indonesia lainnya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di babak 16 besar Indonesia Open 2023.

Baca juga: Ginting mulus ke babak 16 besar setelah kalahkan Vittinghus
Baca juga: Apri/Fadia tuntaskan laga panjang lawan Efler/Lohau di Indonesia Open
Baca juga: Praveen/Melati tuntaskan perlawanan Chan/Cheah di Indonesia Open


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023