Jakarta (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta memperkenalkan aplikasi "Rumah Digital Si Ki-Be" guna mengoptimalkan tata kelola data kementerian maupun lembaga secara digital.

Hal itu sejalan dengan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang digaungkan pemerintah, kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta Ibnu Chuldun dalam siaran resmi pada Rabu.

​​​​​Dia menjelaskan, melalui layanan digital terbaru itu, seluruh data dapat diakses dalam satu portal karena "Rumah Digital Si Ki-Be" telah menghimpun data dari 49 aplikasi mandatori dan lima aplikasi non mandatori di lingkungan Kemenkumham.

"'Rumah Digital Si Ki-Be' ini adalah suatu wadah untuk menghimpun seluruh layanan yang dimandatkan oleh kementerian maupun lembaga dalam upaya meningkatkan efisiensi, transparansi dan aksesibilitas layanan publik sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo yang menginginkan birokrasi berdampak untuk masyarakat," katanya.

Ibnu menjelaskan, layanan digital itu tidak hanya sekadar menghimpun data dari kementerian atau lembaga di bawah naungan Kemenkumham, melainkan dapat memberikan layanan administrasi dan birokrasi meliputi keuangan, kepegawaian, pelaporan hingga kehumasan secara menyeluruh dalam satu portal "jakarta.kemenkumham.go.id".

Baca juga: Kanwilkumham DKI pangkas waktu layanan izin tinggal keimigrasian
Baca juga: Kanwilkumham DKI paparkan capaian pencegahan pungli kepada narapidana


Layanan lain yang disediakan meliputi Divisi Keimigrasian, Divisi Pemasyarakatan hingga Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia yang mencakup bidang hak asasi manusia, bidang hukum dan pelayanan hukum.

Melalui layanan digital itu, masyarakat dan pemangku kepentingan diberi kemudahan dalam mengakses layanan online terkait kebutuhan birokrasi di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dengan harapan dapat terlayani dengan cepat.

"Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta berkomitmen memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat menuju pemerintahan yang lebih efisien, terakses dan terpercaya," kata Ibnu.

Selain Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun, peluncuran "Rumah Digital Si Ki-Be" juga saksikan oleh Kepala Divisi Administrasi Mutia Farida, Kepala Divisi Keimigrasian Pamuji Raharja dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Marselina Budiningsih.
 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023