Jakarta (ANTARA) - Langkah empat wakil tuan rumah di turnamen bulu tangkis Indonesia Open 2023 harus terhenti di babak awal, Rabu.

Setelah kekalahan Chico Aura Dwi Wardoyo dari wakil Singapura Loh Kean Yew, ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, ganda putri Ridya Aulia Fatasya/Kelly Larissa, dan ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja juga tak mampu menembus babak 32 besar turnamen BWF Super 1000 terakhir di Istora Senayan itu.

Bagas/Fikri dihentikan ganda Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik dalam dua gim langsung 16-21, 12-21.

Pada laga ini, pasangan berakronim Bakri itu mengaku tidak dalam kondisi fit seusai Bagas mengalami sedikit tidak enak badan sehingga tidak bermain konsisten pada pertandingan menghadapi rivalnya.

"Kami kecewa karena permainan terbaik kami tidak keluar. Jujur badan saya hari ini kurang fit. Hal itu bukan alasan dan kami ke depannya mau lebih maksimal lagi," ungkap Bagas.

"Hasil di sini tidak baik untuk kami. Jujur kecewa dengan penampilan kali ini. Ke depannya kami akan mempersiapkan diri lebih baik untuk tampil di turnamen berikutnya," tambah Fikri.

Sementara itu, Ridya/Kelly menyerah dari wakil Kanada, Catherine Choi/Josephine Wu dengan skor 17-21, 12-21.

Kekalahan tersebut tidak disesali oleh Ridya/Larissa, mengingat keduanya merupakan debutan pada turnamen yang termasuk dalam Race to Olympic 2024. Dengan pengalaman pertama kali tampil di level tertinggi, keduanya termotivasi ke depannya untuk bisa kembali bermain di hadapan pencinta bulu tangkis Tanah Air.

"Pada laga ini, permainan kami seperti tanpa strategi. Kami tidak tidak mendapatkan ritme permainan terbaik," ungkap Ridya.

"Senang rasanya bisa tampil di turnamen BWF level 1000. Sayang kami belum berhasil. Ke depannya kami harus semangat dan tampil lepas tanpa beban saat bermain di level tertinggi," imbuh Larissa.

Adapun pasangan Indonesia lainnya yang juga gagal ke 16 besar ialah Dejan/Gloria setelah dihentikan wakil Korea Selatan, Seo Seung Jae/Chae Yu Jung dengan skor 15-21, 17-21.

Total wakil Indonesia yang lolos ke babak 16 besar berjumlah 13 pemain. Dari sektor tunggal putra, dua pemain lolos yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Untuk sektor tunggal putri ada nama Putri Kusuma Wardani. Sementara dari sektor ganda putra tercatat ada empat wakil, yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardinato, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Untuk sektor ganda putri tersisa Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose serta Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Lalu untuk ganda campuran menyisakan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.


Baca juga: Pram/Yere menangkan pertandingan panjang lawan Lane/Vendy
Baca juga: Aksi teatrikal badut diserbu pengunjung di gelaran Indonesia Open 2023
Baca juga: Butet yakin faktor tuan rumah dongkrak motivasi para atlet Indonesia
Baca juga: Kesemarakan jelang Indonesia Open diwarnai kegiatan temu legenda


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023