Padang (ANTARA) -
Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Mohamad Yadi Sofyan Noor mengatakan setelah sukses dilaksanakan di Padang pada 10-15 Juni 2023, Pekan Nasional (Penas) Tani Nelayan XVII digelar pada 2026 di Provinsi Gorontalo.
 
"Penas Tani Nelayan XVI di Sumbar adalah yang terbaik, karena itu pelaksanaan selanjutnya di Gorontalo harus bisa lebih baik lagi," katanya saat penutupan Penas XVI di Lapangan Udara Sutan Sjahrir, Padang, Kamis.
 
Ia mengatakan salah satu yang terbaik pada pelaksanaan Penas Tani Nelayan XVI di Padang adalah gelar percontohan. Lahan yang semula hanya hutan dan semak belukar dengan tanah rawa, bisa dimaksimalkan menjadi lahan pertanian yang luar biasa.

Baca juga: Penas Tani ajang belajar inovasi teknologi & kearifan lokal pertanian
 
Penerapan teknologi pertanian terlihat jelas dalam gelar percontohan pertanian tersebut.
 
"Lahan yang digunakan sebagai lahan percontohan ini hendaknya tetap dipertahankan. Bisa digunakan sebagai agrowisata yang bisa dinikmati oleh masyarakat," katanya.
 
Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengungkapkan terima kasihnya atas kunjungan dari 30 ribu petani dan nelayan dari seluruh Indonesia ke Padang, Sumbar dalam kegiatan Penas Tani Nelayan XVI.
 
"Kalau ada yang kurang pada tempatnya kami atas nama seluruh masyarakat Sumbar juga minta maaf yang sebesar-besarnya," ujarnya.
 
Terkait aset pemerintah berupa tanaman dan infrastruktur yang dibangun pada gelar percontohan pertanian Penas Tani Nelayan XVI di Lanud Sutan Sjahrir, Padang, ia mengatakan telah menjalin komunikasi dengan Danlanud.
 
"Kita sudah komunikasikan dengan Danlanud, bahkan KSAU, aset itu akan diserahkan kepada Lanud Sutan Sjahrir. Namun, diminta agar aset itu tetap dipertahankan," katanya.

Baca juga: Temu usaha agribisnis Penas Tani XVI menghasilkan MoU Rp3,5 miliar

Baca juga: Sumbar terima dua hibah teknologi tepat guna dari Kementan
 
Ia menyebut aset itu mungkin bisa dimanfaatkan untuk lokasi wisata bagi masyarakat. Untuk itu Pemprov Sumbar siap untuk membantu.
 
Gubernur juga menyinggung tentang lapangan pacuan kuda yang berada di dekat lokasi Penas Tani Nelayan XVI. Diharapkan lapangan itu bisa dihidupkan kembali agar bisa menggelar kegiatan tingkat daerah maupun nasional.
 
Pada kesempatan itu, gubernur juga mendoakan agar pelaksanaan Penas XVII di Gorontalo bisa berjalan dengan sukses seperti di Padang.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023