Jakarta (ANTARA) - Platform keuangan Akulaku terus berkomitmen untuk mendukung masa depan layanan perbankan digital kepada masyarakat melalui kepemilikan jangka panjang maupun kerja sama strategis dengan Bank Neo Commerce (BNC).

"Kami memiliki pandangan positif tentang prospek pertumbuhan dan adopsi layanan perbankan digital yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Kami yakin BNC dapat berperan penting di sektor ini, karena menjadikan layanan perbankan bagi nasabah menjadi lebih murah, lebih luas, dan lebih dalam di Indonesia," ujar Chief Financial Officer Akulaku Group, Fan Zhang dalam pernyataan di Jakarta, Kamis.

Ia memastikan Akulaku menyadari potensi BNC untuk memantapkan dirinya sebagai bank dengan layanan digital terdepan seiring dengan jumlah populasi unbanked yang masih signifikan di Asia Tenggara dan juga penetrasi seluler yang tinggi.

Baca juga: IPB gandeng OJK dan Polri sosialisasi investasi ilegal

Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi yang erat untuk dapat memahami kebutuhan pasar yang kompleks, memastikan kesesuaian terhadap peraturan, dan meningkatkan kepercayaan nasabah.

"Perkembangan lanskap regulasi, keseimbangan antara pertumbuhan dan investasi keuangan, serta kebutuhan untuk membangun kepercayaan dalam menggunakan layanan perbankan digital adalah beberapa hal yang menjadi tantangan di depan," kata Zhang.

Saat ini, aplikasi layanan perbankan digital BNC, neobank, merupakan salah satu aplikasi perbankan yang paling banyak diunduh di Indonesia. Hingga akhir tahun 2022, BNC telah melayani lebih dari 20 juta nasabah.

BNC menawarkan berbagai layanan, termasuk diantaranya pembukaan rekening secara daring, deposito berjangka, pembukuan dan pencatatan pribadi, transfer elektronik dengan bebas biaya, dan berbagai layanan pembayaran.

Sementara itu, aplikasi neobank juga menawarkan pinjaman bagi nasabah perorangan dan bisnis, serta memungkinkan nasabah untuk berinvestasi emas dan aset-aset keuangan lainnya.

Dalam perkembangannya ke depan, BNC berupaya untuk memperluas layanannya, yang mencakup peluncuran kartu kredit dan kartu debit dalam bentuk fisik, serta bekerja sama dengan berbagai perusahaan dalam penyediaan layanan corporate banking, seperti payroll, dengan tujuan untuk meningkatkan stickiness nasabah dan penetrasi pasar.

Melalui potensi tersebut, Akulaku menyakini bahwa platform layanan perbankan digital BNC merupakan salah satu platform ideal yang memberikan layanan keuangan lebih luas untuk mewujudkan target layanan kepada lebih dari 50 juta pengguna di 2025.

Baca juga: Akulaku Paylater gandeng P2P lending Mekar untuk salurkan pembiayaan

Baca juga: Akulaku berkomitmen terus dorong literasi keuangan digital

Baca juga: Akulaku Paylater dorong masyarakat belanja jelang akhir tahun

Pewarta: Satyagraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023