Makassar (ANTARA) - Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Andi Darmawan Bintang bersama Komisi V DPR RI membahas pembangunan stadion dalam agenda kunjungan Komisi V di Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Kamis.

Andi Darmawan mengemukakan ada tiga usulan yang ditawarkan pemerintah terkait pembangunan Stadion Andi Mattalatta yaitu melanjutkan pembangunan di area yang sama, mengoptimalkan stadion yang sudah ada seperti Stadion Barombong, dan mencari lahan lain untuk pembangunan stadion.

"Tetapi kita masih optimistis pembangunan stadion di lokasi yang sama bisa kita lakukan dibandingkan harus membangun di lokasi lainnya," ujar Darmawan.

Meski diakui pula oleh Darmawan bahwa masing-masing pilihan memiliki tantangan dan konsekuensi jika dipilih, seperti memilih melanjutkan pembangunan stadion di tempat yang sama, maka akan ada pengurangan kapasitas.

Baca juga: DPRD Sulsel rekomendasikan Pemprov tuntaskan pembangunan dua stadion

Baca juga: DPRD Sulsel belum pastikan pembangunan Stadion Mattoangin


Sementara jika mengoptimalkan stadion Barombong, maka akan dihadapkan dengan permasalahan lahan. Selain itu, saat memilih pembangunan stadion baru maka Pemprov Sulsel harus memulai dari awal dengan memikirkan berbagai hal yakni pembebasan lahan, lokasi strategis, dan segala yang berkaitan dengan analisis dampak lingkungan (amdal) termasuk amdal lalu lintas.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras menjelaskan untuk pembangunan stadion di Sulawesi selatan, pihak Komisi V DPR RI akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membantu Pemprov Sulsel dari sisi anggaran.

Hanya saja, Komisi V DPR RI menunggu kepastian lahan pembangunan yang disiapkan oleh Pemprov Sulsel, baik di lokasi yang ada saat ini maupun di lokasi lainnya.

"Kami siap kalau lahan Mattoanging (Stadion Andi Mattalatta), kita siap menganggarkan di 2024. Kalau pun tidak ada lahan di Mattoanging, lahan di luar Mattoanging pun kami siap," ujar dia.

Bahkan secara non formal, kata Andi Iwan, pihaknya juga telah menyampaikan hal ini ke Menteri PUPR dan mitra kerja Komisi V siap mengalokasikan anggaran sepanjang lahan yang disiapkan Pemprov Sulsel sudah tidak ada lagi masalah.

Kunjungan Komisi V DPR RI yang membidangi Infrastruktur menjadi bentuk komitmen dalam membantu Sulawesi Selatan, khususnya Makassar sebagai hub atau penghubung kawasan barat Indonesia dan juga kawasan Timur Indonesia

Terlebih, Sulsel merupakan salah satu penunjang pangan nasional, sehingga infrastruktur sangat mendukung peran Sulawesi Selatan sebagai hub Indonesia Timur.

Pada diskusi ini, juga dibahas pelabuhan udara, pelabuhan laut, irigasi, jalan, dan sebagainya.*

Baca juga: Pemprov Sulawesi Selatan pertegas komitmen bangun Stadion Mattoanging

Baca juga: Wali Kota Makassar siap bangun stadion bila diizinkan

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023