... kami kembali berusaha menyelidiki laporan ini,.. "
Brussels (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, Senin, menegaskan, Moskow tidak berusaha menyelundupkan komponen senjata ke Suriah melalui Finlandia, setelah negara Skandinavia itu pekan lalu menangkap bagian-bagian tank yang dilaporkan dikirim ke Suriah dari Rusia.

Asal kargo dan tujuan yang dimaksud dilaporkan operator transportasi negara itu, Finnline, Jumat.

Lavrov juga mengatakan, instansi pemerintah Rusia yang mengontrol satu-satunya eksportir senjata negaranya, Rosoboronexport, tidak ada hubungannya dengan peralatan itu.

"Tidak ada kargo pemerintah di kapal, dan jadi kami kembali berusaha menyelidiki laporan ini," kata Lavrov, berbicara pada satu pertemuan dengan rekan-rekannya dari Eropa Utara di Brussels.

Bea Cukai Finlandia melaporkan pekan lalu, sedang menyelidiki asal-usul satu kontainer penuh dengan suku cadang tank yang dibongkar dari satu kapal di Pelabuhan Vuosaari, Helsinki, pada Januari.

Finnline mengatakan kontainer itu berisi peralatan militer, tetapi tidak mengidentifikasi pemiliknya.

Rosoboronexport menolak mengomentari kargo Finnline, tetapi telah mengonfirmasi sebelumnya bahwa itu adalah pengiriman peralatan militer ke Suriah sesuai dengan kontrak yang ada.

(H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013