Jakarta (ANTARA) - Huawei meluncurkan dua produk laptop terbarunya yaitu Huawei Matebook D 14 dan Huawei Matebook D 15 dengan bahan bodi yang terbuat dari material metal namun tetap ringan ketika dibawa.

Laptop Matebook D 14 memiliki bodi yang terbuat dari material metal aluminium sehingga memiliki ketahanan yang mumpuni. Meskipun terbuat dari bahan metal, laptop tersebut hanya berbobot 1,39 kilogram dan memiliki ketebalan 15,9 milimeter sehingga cocok untuk penggunaan dengan mobilitas tinggi.

"Dengan bentuk yang ringan namun desain aluminium membuat ketahanan Matebook D 14 cocok untuk kegiatan dengan mobilitas tinggi baik itu karyawan, mahasiswa, ataupun kebutuhan untuk di rumah," kata Training Director of Huawei Device Indonesia, Edy Supartono, saat peluncuran Huawei Matebook D 14 dan D 15 di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan pada Jumat.

Baca juga: Huawei Cloud: Mengandalkan "Cloud Native" guna Memajukan "Smart Finance" Global
 
Laptop Huawei Matebook D 14 saat ditampilkan pada acara peluncuran Huawei Matebook D 14 dan Huawei Matebook D 15 di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan pada Jumat (16/6). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)


Baca juga: Huawei, IUCN, dan Mitra Global Bahas Teknologi Terkini dalam Pelestarian Alam

Performa laptop Matebook D 14 ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel Core i5 yang dapat memberikan kinerja stabil serta cepat ketika digunakan bekerja. Laptop tersebut juga memiliki RAM sebesar 8 GB dan kapasitas penyimpanan mencapai 512 GB.

Dari segi layar, Matebook D 14 memiliki ukuran layar yang luas dengan rasio 16:10 dan rasio screen-to-body sebesar 90 persen. Engsel laptop tersebut juga bisa dibuka sampai 180 derajat sehingga dapat diletakkan di atas permukaan secara rata.

Laptop ini juga menghadirkan fitur anti-glare bersertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TUV Rheinland yang membuat mata penggunanya aman dan tidak cepat lelah ketika menatap layar dalam jangka waktu yang lama.

Berbicara mengenai konektivitas, Matebook D 14 menghadirkan teknologi Metaline Antenna yang memungkinkan laptop dapat menangkap sinyal WiFi hingga berjarak 270 meter atau setara tiga kali panjang lapangan bola. Dengan teknologi tersebut, pengguna tetap dapat menikmati internet stabil meskipun jauh dari sumber koneksi.

Baca juga: Ini sejumlah keunggulan layar OLED pada laptop ASUS

Produk Matebook D 14 menghadirkan fitur baru yaitu Huawei SuperHub. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya melakukan pemindahan file antar sesama perangkat Huawei mulai dari ponsel, tablet, hingga laptop.

"Ada fitur baru di Matebook D 14 kali ini yaitu Huawei SuperHub. Melalui Huawei SuperHub kita bisa melakukan cross device transfer (pemindahan file antar perangkat) dengan sangat mudah," kata Edy.

Penggunaan fitur SuperHub tidak memerlukan koneksi internet dan file hanya tersimpan sementara sehingga tidak akan memberatkan kapasitas penyimpanan laptop.

Untuk menunjang kegiatan pertemuan atau presentasi daring, kamera pada Matebook D 14 dilengkapi fitur identifikasi cerdas Follow Cam yang dapat mengikuti penggunanya saat bergerak dan memastikan pengguna tetap di tengah layar meskipun posisinya bergeser.

Selain itu kamera Matebook D 14 juga dilengkapi teknologi Sightline Correction yang membuat tatapan pengguna seolah mengarah ke layar meskipun sebenarnya sedang menatap ke bawah sehingga tetap terlihat profesional.

Sedangkan pada aspek audio, laptop tersebut memiliki fitur Personal Voice Enhancement yang memungkinkan pengguna dapat merekam suara 360° dari jarak 5 meter, fitur AI noise cancelling, dua mikrofon di sisi laptop, dan kemampuan identifikasi suara menggunakan AI.

Matebook D 14 memiliki sambungan yang lengkap yang meliputi port USB Type-C, USB 3.2 Gen 1, USB 2.0, HDMI, dan port tambahan 3.5 mm. Sedangkan untuk baterai, laptop tersebut memiliki kapasitas 56 Wh yang awet hingga 13 jam sesuai dengan pengaturan dan penggunaan.

Baca juga: ASUS luncurkan laptop paling tipis dan ringan di dunia
 
Laptop Huawei Matebook D 15 saat ditampilkan pada acara peluncuran Huawei Matebook D 14 dan Huawei Matebook D 15 di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan pada Jumat (16/6). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)


Sementara laptop Matebook D 15 memiliki fitur yang serupa dengan D 14 kecuali laptop tersebut dibekali dengan prosesor AMD Ryzen 7, memiliki recessed camera yang dapat menjaga privasi dan keamanan penggunanya, dan layar dengan aspek rasio 16:9.

Matebook D 14 dan Matebook D 15 hadir dengan warna Mystic Silver dan bisa dibeli oleh konsumen tanah air mulai 23 Juni mendatang di gerai resmi Huawei, Erafone, dan toko mitra lainnya. Laptop tersebut juga bisa dipesan di platform belanja daring Shopee, Tokopedia, dan Blibli.

Matebook D 14 dibanderol dengan harga Rp 10.499.000 sementara Matebook D 15 dapat dibeli dengan harga Rp 8.999.000.


Baca juga: ASUS ROG perkenalkan laptop gaming hasil kolaborasi dengan ACRONYM

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023