Sorong (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat Daya (PBD) menyalurkan dana hibah sebesar Rp3 miliar untuk membantu percepatan pembangunan Masjid Al-Akbar, Kota Sorong, Jumat.
 
Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad di Sorong, menjelaskan bantuan hibah ini bagian dari komitmen Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya untuk memperhatikan setiap rumah ibadah di wilayah ini.
 
"Pemerintah senantiasa hadir untuk memberikan dukungan bagi setiap rumah ibadah, atas dasar itu maka kami di sini memberikan bantuan," kata Musa'ad.

Baca juga: Mahfud MD: IKN diharapkan jadi kota inklusif yang ciptakan kerukunan
 
Musa'ad juga menyampaikan terima kasih kepada umat Islam di provinsi termuda ini khususnya di Kota Sorong, karena telah berpartisipasi aktif menjaga keamanan, kedamaian, ketentraman di provinsi ke 38 ini.
 
“Ini merupakan bantuan dana hibah pertama kami. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kebutuhan masjid dan umat nantinya,” kata Musa’ad.

Baca juga: Pembangunan Masjid Al-Falah di pesisir Sungai Kapuas didukung pemda
 
Selain menyerahkan dana hibah, Musa’ad juga memberikan Surat Keputusan (SK) Gubernur Papua Barat Daya tentang peningkatan status dari Masjid Agung Al-Akbar Sorong Papua Barat menjadi Masjid Raya Al-Akbar Papua Barat Daya.
 
“Masjid Raya Al-Akbar nantinya di bawah provinsi. Ini terwujud karena kesepakatan bersama, komunikasi dan koordinasi kami dengan sejumlah tokoh serta pengurus masjid, sehingga hari ini SK-nya telah terselesaikan, serta sah menjadi Masjid Raya Al-Akbar Papua Barat Daya,” kata Musa'ad menjelaskan.

Baca juga: Masjid megah "Syekh M Arsyad Al-Banjari" dibangun di Kalsel
 
Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Masjid Raya Al-Akbar Sorong Rahman Rajab menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemprov PBD karena telah menyerahkan bantuan dana hibah kepada Masjid Raya Al-Akbar Sorong.
 
“Sejak awal dengan Papua Barat, pak gubernur selalu memberikan bantuan kepada masjid kami. Semoga bantuan ini bisa berlanjut kedepannya hingga masjid ini rampung,” kata Rahman.

Baca juga: Wali Kota Depok jelaskan pembangunan Masjid Al-Qudus di lahan relokasi
 
Pembangunan Masjid Al-Akbar, sebut dia, tinggal menunggu finishing dan pembangunan kubah-nya.
 
"Kalau kami lihat dari master plan keseluruhan yang terintegrasi itu kami butuh dana sekitar Rp200 miliar, tapi kalau hanya bangunan masjid saja dananya Rp80 atau Rp90 miliar, saat ini realisasi kurang lebih Rp48 miliar,” kata Rahman.

Baca juga: Jelang peresmian, pembangunan Masjid Sheikh Al Zayed capai 90 persen
Baca juga: Masjid Al Munawarah Mamuju yang dibangun Gubernur Aceh diresmikan

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023