Jakarta (ANTARA) - Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menunjukkan upaya terbaik mereka untuk mengatasi tekanan yang diberikan oleh wakil Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota pada babak perempat final Indonesia Open 2023, Jumat.

Meski telah berusaha maksimal, Apri/Fadia harus menelan kekalahan mereka dari pasangan Jepang dengan skor 13-21, 13-21.

Gim pertama dimulai cukup meyakinkan dengan pasangan Indonesia yang meraih poin pertama. Namun, Fukushima/Hirota mencoba mengejar hingga sempat unggul sementara, sebelum akhirnya kedudukan pun berimbang 6-6. Sayangnya, pasangan Indonesia tidak mampu menambah poin hingga interval pertama diraih oleh wakil Jepang 11-6.

Seusai interval gim pertama, Apri/Fadia terlihat cukup tertekan dan tidak bisa mengejar poin yang diraih dengan ulet dan sabar dari sang lawan. Gim pertama berakhir dengan kemenangan Fukushima/Hirota 21-13.

Gim kedua dimulai Apri/Fadia dengan meyakinkan, mereka unggul terlebih dahulu 2-0 sebelum akhirnya Fukushima/Hirota mengambil alih kedudukan 3-2. Gim kedua berlangsung lebih ketat dengan kedua pasangan beberapa kali memiliki skor kembar 3-3, 4-4, 5-5, 6-6, 7-7, 8-8, dan 9-9. Namun, interval gim kedua berhasil direbut oleh pasangan Jepang dengan skor 11-9.

Selepas interval gim kedua, Apri/Fadia tidak bisa menembus pertahanan dari ganda putri peringkat 10 dunia tersebut. Pasangan Jepang ini berhasil mendapatkan empat poin beruntun dan tidak memberikan celah sedikit pun kepada Apri/Fadia yang kini menempati peringkat enam dunia itu.

Baca juga: Apri/Fadia tak terbebani jelang babak 8 besar Indonesia Open

Masih belum menyerah, pasangan Indonesia mencoba untuk memperkecil jarak poin namun harus menelan kekalahan 21-13 atas Jepang setelah momentum perolehan dua angka beruntun di poin kritis Fukushima/Hirota.

Dengan ini, Indonesia belum mampu menempatkan satu perwakilan pun pada babak semifinal Indonesia Open 2023.

Sebelumnya, ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari takluk dari pasangan Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Di sektor ganda campuran, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga gagal maju ke babak selanjutnya usai perlawanan agresif Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Meski belum meraih kemenangan, Indonesia masih menyisakan dua wakil lainnya di sektor ganda putra yaitu Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang akan menjamu Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea Selatan), serta Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan akan bertemu Liang Wei Keng/Wang Chang (China) di babak delapan besar Indonesia Open 2023.

Timnas bulu tangkis Indonesia memastikan laju salah satu pemainnya ke semifinal Indonesia Open 2023 berkat pertemuan "perang saudara" antara Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting pada babak perempat final.

Baca juga: Tunggal putra amankan satu semifinal dari pertemuan Jonatan vs Ginting
Baca juga: Pram/Yere patahkan permainan The Daddies yang lebih berpengalaman


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023