Jakarta (ANTARA) - Deretan nama yang berkecimpung mengurusi cabang olahraga resmi mendaftar sebagai bakal calon Komite Eksekutif (KE) Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia periode 2023-2027.

Salah satu di antaranya adalah Dewan Penasehat Indonesia Woodball Association (IWbA) Zaenal Asikin yang telah menyerahkan seluruh persyaratan didampangi Ketua Umum IWbA Aang Sunadji kepada Tim Penjaringan dan Penyaringan di Kantor NOC Indonesia, Kamis (15/6).

“Woodball Indonesia mengirimkan perwakilan yaitu Pak Ikin yang juga Dewan Penasehat di IWbA untuk maju sebagai bakal calon KE NOC Indonesia,” kata Aang melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

“Ini merupakan bagian dari perjuangan dan ikhtiar IWbA untuk bisa memajukan woodball Indonesia menuju panggung dunia. Jadi kami harap doa dan dukungan semuanya,” ujarnya menambahkan..

Olahraga woodball untuk kali pertama akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. Hal itu dijadikan IWbA sebagai momentum dan pintu masuk supaya woodball juga bisa dipertandingkan pada SEA Games maupun Asian Games.

Aang berharap dengan adanya perwakilan woodball di NOC Indonesia akan lebih memuluskan lagi langkah untuk bisa tampil di multievent olahraga, termasuk menggelar event woodball bertaraf internasional ke Indonesia.

“Terima kasih atas dukungannya. Kami berjuang dengan fairplay seperti yang tercantum di Piagam Olimpiade. Ini perjuangan dan amanah untuk masa depan olahraga Indonesia, khususnya woodball Indonesia supaya bisa berdiri di panggung dunia,” ujar Asikin.

Selain Asikin, nama lainnya yang mendaftar sebagai bakal calon KE NOC Indonesia adalah Hengky Silatang yang merupakan Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) DKI Jakarta.

Sebelumnya dua nama juga telah mendaftar yakni Jadi Rajaguguk dan Josephine Tampubolon. Keduanya telah lama berkecimpung di dunia olahraga. Jadi Rajaguguk saat ini juga menjabat sebagai KE KOI. Sementara, Josephine menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal III NOC Indonesia.

NOC Indonesia akan mengadakan Kongres di Hotel Fairmont, Jakarta, pada 30 Juni dengan agenda utama pemilihan ketua dan wakil ketua umum NOC Indonesia, komite eksekutif (KE), dan dewan etik periode 2023-2027.

Baca juga: Okto-Ismail Ning resmi daftar bakal calon ketua dan wakil ketua KOI
Baca juga: RALB KOI putuskan 66 suara anggota kongres

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023