Jakarta (ANTARA) - Pusat Pengelolaan Kompleks Kemayoran (PPK Kemayoran) yang merupakan satuan kerja di bawah Kementerian Sekretariat Negara menyatakan arah pembangunan kawasan dilakukan dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan dan keseimbangan ekologi.

Direktur Utama PPK Kemayoran, Medi Kristianto dalam keterangan di Jakarta, Minggu, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus mengoptimalkan bisnis dan pengembangan di kawasan Kemayoran.

"Kami fokus pada pengembangan dan perbaikan infrastruktur kawasan, mendorong pertumbuhan dan perluasan jaringan investasi di Kemayoran dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan dan keseimbangan ekologi," ujar Medi.

Baca juga: PPK Kemayoran bersiap jadi tuan rumah pameran otomotif INAPA 2023

Sebagai Badan Layanan Umum (BLU), PPK Kemayoran bertugas untuk mengelola kawasan seluas 450 hektare. Kawasan itu dulunya merupakan bekas bandara internasional yang kini dikelola untuk mewujudkan kawasan smart city di DKI Jakarta.

Dalam pengelolaannya selama 38 tahun, PPK Kemayoran menjalankan komitmen untuk menyediakan berbagai layanan melalui pembangunan berbagai fasilitas yang terintegrasi pada tata kelola kawasan yang berbasis lingkungan.

PPK Kemayoran telah menghadirkan beragam bisnis baru di bidang ritel hingga properti untuk mendukung peningkatan pelayanan masyarakat, termasuk mengembangkan bisnis golf, pasar mobil hingga memanfaatkan ruang terbuka hijau Utan Kemayoran yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas dan kegiatan publik.

"Dengan luas lebih dari 22 hektare, Utan Kemayoran memberikan sumbangsih besar bagi kelangsungan makhluk hidup. Kami mengembangkan kawasan Kemayoran dengan konsep perencanaan pembangunan hutan kota yang dibagi dalam tiga zona, yaitu zona mangrove, air, dan daratan," kata Medi.

Baca juga: PPK Kemayoran siapkan layanan daring dukung penerapan PSBB transisi

Baca juga: PPK Kemayoran gandeng Kemen PUPR upayakan underpass Timur bebas banjir


Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa selama hampir empat dekade Kemayoran telah berbenah menjadi kawasan yang tidak hanya lengkap, juga sebagai kawasan yang tampil dengan lebih apik dan menarik.

Alih fungsi kawasan bandara lewat berbagai pembangunan terus dilakukan dengan menjaga eksistensi sejarah kawasan tersebut.

Pada 18 Juni 2023, PPK Kemayoran menggelar festival untuk merayakan hari jadi ke-38 tahun yang diisi dengan berbagai pertandingan olahraga mulai dari bulu tangkis, tenis meja, basket, voli, catur, hingga senam untuk memperkuat hubungan antara mitra di kawasan Kemayoran.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023