Perlu ada perwakilan ibu-ibu di pusat agar hak-hak kaum perempuan, termasuk perempuan Maluku perlu perjuangan Indonesia dan pusat yang mengatur anggaran untuk hal tersebut
Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengingatkan peran penting anggota legislatif (aleg) perempuan dalam memperjuang hak perempuan.
 
Menurut Zulhas, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu, keberadaan perempuan sebagai anggota legislatif dapat mendorong pemerintah pusat untuk memenuhi hak-hak perempuan, seperti melalui pengaturan anggarannya.
 
"Perlu dukungan pusat yang kuat, perlu ada perwakilan ibu-ibu di pusat agar hak-hak kaum perempuan, termasuk perempuan Maluku perlu perjuangan Indonesia dan pusat yang mengatur anggaran untuk hal tersebut," kata dia.
 
Hal tersebut dia sampaikan dalam acara deklarasi Widya Pratiwi Murad sebagai calon anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Maluku di Lapangan Merdeka Ambon, Ambon, Maluku, Sabtu (17/6) sore.
 
Dalam kesempatan yang sama, Zulhas memberikan apresiasi kepada Gubernur Maluku Murad Ismail atas kerja kerasnya membangun Maluku. Namun, lanjut dia, kerja keras dari Murad saja tidak cukup karena diperlukan pula dukungan dari anggota legislatif perempuan.

Baca juga: IPO nilai tindakan politik Zulhas berdampak baik ke elektabilitas PAN
 
"Pak Gubernur kerja siang malam untuk rakyat lebih makmur. Tapi, tidak cukup tadi. Saya dengar Ibu Widya sampaikan angka stunting Maluku 34 persen dan dari angka tersebut sekarang sudah turun menjadi 28 persen. Prestasi yang luar biasa dan saya kira itu terbaik se-Indonesia," kata dia.
 
Berikutnya, Menteri Perdagangan itu mengingatkan masyarakat Maluku mengenai pentingnya memiliki perwakilan di DPR RI.
 
"Maluku penting punya wakil dari DPR karena tugas DPR itu selain legislasi, juga memberi anggaran berapa untuk Maluku, berapa untuk kesehatan berapa untuk yang lain-lain. Oleh karena itu, DPR penting apalagi seorang perempuan," kata dia.
 
Sementara itu, Widya Pratiwi mengatakan salah satu niatnya untuk mendaftar sebagai caleg DPR RI dari PAN adalah untuk terus bekerja demi kemajuan Maluku. Ia ingin memperjuangkan suara-suara masyarakat Maluku agar didengar.
 
"Masih banyak sekali hal yang harus terus dibenahi agar Maluku bisa terus bergerak maju. Saya itu harus terus berbuat, kerja, kerja, kerja, untuk Maluku," kata dia.

Baca juga: Zulhas sebut pendidikan-kerja sama kunci Indonesia jadi negara maju
Baca juga: Zulhas: PAN hormati tawaran PDI Perjuangan dukung Ganjar

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023