Jakarta (ANTARA) - Ganda putri Korea Selatan Baek Ha na/Lee So Hee menceritakan bahwa kemenangan mereka pada babak final Indonesia Open 2023 dipengaruhi faktor tenaga yang lebih unggul dibandingkan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, Minggu.

Menurut Baek/Lee, lawan mereka yang berasal dari Jepang itu punya kemampuan yang setara dengan mereka, sehingga ketahanan fisik menjadi modal utama bagi mereka agar bisa keluar sebagai juara.

"Kami awalnya memprediksi akan menjalani laga yang melelahkan karena lawan juga punya serangan dan pertahanan yang hampir sama. Pemenang dari pertandingan ini adalah yang punya keunggulan stamina," kata Baek dalam konferensi pers di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dari pertandingan berdurasi 67 menit itu, akhirnya Baek/Lee keluar sebagai juara dan mencatatkan rekor baru menjuarai turnamen berkategori BWF Super 1000 untuk pertama kalinya.

Baca juga: Baek/Lee juarai turnamen Super 1000 perdana di Indonesia Open 2023

Sebelumnya, Baek/Lee baru mengoleksi gelar dari ajang German Open (Super 300) dan Malaysia Masters (Super 500). Selain itu, pasangan peringkat kedua dunia itu juga menjadi ganda putri Korea Selatan yang kembali menjuarai Indonesia Open setelah 13 tahun lamanya.

Pada edisi 2010, sektor ganda putri Indonesia Open dimenangkan oleh Kim Min Jung/Lee Hyo Jung. Kemenangan Baek/Lee juga memutus harapan Yuki/Sayaka untuk kembali menjadi juara di Istora setelah sempat menaiki podium tertinggi pada edisi 2019.

Pasangan unggulan kelima itu menyabet gelar juara usai menundukkan duo Jepang dalam dua gim langsung. Namun mereka harus melalui perlawanan alot dari Yuki/Sayaka dan sempat terlibat adu setting pada gim pertama.

Baru pada gim kedua, Baek/Lee bermain begitu dominan dan mengakhiri gim kedua dengan selisih poin yang terlampau jauh. Skor pertandingan pun berakhir dengan 22-20, 21-10.

Lee yang merupakan pemain senior turut memuji rekan mainnya yang merupakan atlet junior. Menurut Lee, Baek sudah menampilkan peningkatan permainan yang signifikan dibanding saat baru pertama dipasangkan pada awal tahun ini.

"Dari awal Baek sudah bermain bagus di pertahanannya. Tapi lama-lama setelah berpasangan jadi tahu kalau dia juga bagus di kecepatannya. Saya berharap dia akan semakin meningkat kemampuannya," ujar Lee.

Baca juga: Rankireddy/Shetty rebut gelar juara perdana di Indonesia Open 2023
Baca juga: Zheng/Huang ungkap kunci hattrick kemenangan turnamen Super 1000

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023