JCH asal Wajo juga mendapat apresiasi dari PPIH Embarkasi Makassar karena dinilai sangat rapi, teratur dan kompak, mulai berangkat dari Wajo hingga tiba di Asrama Haji.
Makassar (ANTARA) - Rombongan Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Wajo yang terdiri dari tiga kelompok terbang (kloter) yakni kloter 39, 40 dan 43 embarkasi Makassar telah masuk ke Asrama Haji Sudiang di Makassar, Minggu.

Total JCH dari tiga kloter tersebut  415 orang, ditambah pendamping dan tenaga kesehatan dari Wajo. Ratusan JCH ini diterima oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar.

Bupati Wajo Amran Mahmud bersama Wakil Bupati Amran dan Ketua TP PKK Kabupaten Wajo Sitti Maryam turut menyempatkan diri mendampingi penerimaan JCH Wajo oleh PPIH Embarkasi Makassar.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Wajo melakukan seremoni penerimaan kepada para JCH Wajo di Asrama Haji Sudiang sebelum berangkat ke Arab Saudi melaksanakan rukun Islam ke 5 tersebut.

"Meskipun tidak ada seremoni penerimaan, tetapi kami bertekad untuk mendampingi dan mengantar. Ini bentuk dukungan kami agar semua bisa menjalankan ibadah haji dengan baik," kata Amran Mahmud.

Amran Mahmud yang juga Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Wajo ini juga meminta kepada seluruh jemaah khususnya yang masih muda untuk membantu jamaah lansia (lanjut usia).

"Membantu mereka yang lansia sama halnya dengan berbakti kepada orang tua sendiri," kata dia.

Amran Mahmud juga meminta kepada para jemaah untuk tidak memikirkan hal lainnya dan fokus beribadah. "Ini adalah panggilan Allah dan semua akan dijaga oleh-Nya, baik itu keluarga, harta dan lainnya. Kami juga akan terus memantau perkembangan mulai pemberangkatan hingga kepulangan nanti," jelasnya.

Tak lupa, Amran Mahmud menitip kepada jemaah mendoakan kebaikan untuk Kabupaten Wajo dan seluruh masyarakatnya.

Aksi ini pun menuai apresiasi dari pihak PPIH Makassar lantaran Pemkab Wajo memberikan perhatian besar bagi CJH setempat. Terbukti dengan diantar langsung oleh Bupati Wajo dan Wakil Bupati bersama jajaran Pemkab Wajo, Kemenag dan panitia dari Kabupaten Wajo.

JCH asal Wajo juga mendapat apresiasi dari PPIH Embarkasi Makassar karena dinilai sangat rapi, teratur dan kompak, mulai berangkat dari Wajo hingga tiba di Asrama Haji.

"Sehingga kita bisa dengan cepat melakukan pengaturan dan pemberian pelayanan," kata Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Embarkasi Makassar Wahyuddin Hakim.
Baca juga: Tiga kloter masuk pemondokan asrama haji dalam sehari

Baca juga: Muslimin Wajo tunggu 40 tahun untuk bisa berhaji
 
Bupati Wajo Amran Mahmud bersama Wakil Bupati Amran dan Ketua TP PKK Kabupaten Wajo Sitti Maryam turut mendampingi penerimaan JCH Wajo oleh PPIH Embarkasi Makassar di Asrama Haji Sudiang, Minggu (18/06/2023). ANTARA/HO-Humas Pemkab Wajo

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023