Termasuk kesiapan Poliklinik Asyifa Asrama Haji Sudiang yang petugasnya siap 24 jam melayani jamaah haji
Makassar (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan menyiapkan penyambutan kepulangan jamaah haji yang dijadwalkan pada 5 Juli 2023.

"Insya Allah Kelompok Terbang (Kloter) 1 akan berangkat dari Tanah Suci melalui  Bandara King Abdul Aziz di Jeddah pada 4 Juli menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin," kata Ketua PPIH Embarkasi Makassar H Khaeroni di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan, untuk menyambut kepulangan jamaah haji dari sekitar 10 provinsi di kawasan timur Indonesia ini, berbagai persiapan telah dilakukan, di antaranya kebersihan dan kenyamanan aula tempat penerimaan.

Selain itu, juga disiapkan ruang peristirahatan bagi jamaah yang memerlukan sebelum balik ke kampung halaman masing-masing.

"Termasuk kesiapan Poliklinik Asyifa Asrama Haji Sudiang yang petugasnya siap 24 jam melayani jamaah haji," katanya.

Hal tersebut dinilai penting agar keamanan dan kenyamanan jamaah haji yang kembali ke Tanah Air dapat terbayarkan perjuangannya beribadah memenuhi rukun Islam yang kelima.

Sementara untuk penjemputan dilakukan oleh petugas haji yang telah disiapkan dari bandara ke Asrama Haji Sudiang Makassar, selanjutnya dari asrama haji ke rumah masing-masing jamaah dilakukan oleh pihak pemerintah daerah setempat ataupun dijemput langsung oleh keluarganya.

"Biasanya jamaah haji yang jauh dari Kota Makassar disiapkan bus menuju ke kabupaten/kota jamaah haji. Termasuk bagi jamaah haji asal luar Sulsel biasanya diinapkan di hotel sekitar bandara sebelum kembali ke daerah masing-masing," katanya.

Baca juga: Menag berbagi pengalaman penyelenggaraan haji pertemuan antarmenteri
Baca juga: Jamaah nafar tsani mulai tinggalkan Mina
Baca juga: Tumpahan tanah menuju Asrama Haji Cipondoh-Tangerang dibersihkan BPBD

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023