Makassar (ANTARA) - Inspektur Wilayah IV Itjen Kemenag RI Kastolan secara resmi melepas Kloter 43 UPG yang merupakan kloter terakhir di Embarkasi Makassar.

Kloter terakhir ini mengangkut 392 calon haji dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Barat (Sulbar) yang akan diberangkatkan ke Mekah, Arab Saudi, Rabu.

"Jaga kesehatan dan jaga nama baik bangsa khususnya daerah kalian saat menjalankan ibadah haji di Arab Saudi," ujarnya.

Pelepasan kloter terakhir yang dilaksanakan di Aula Mina Asrama Haji Sudiang Makassar itu berlangsung hikmat dan penuh haru, terlebih saat pembacaan doa dan Talbiyah.

Tidak sedikit calon haji yang tak kuasa membendung air matanya karena membayangkan sebentar lagi akan menginjakkan kaki dan melihat langsung Masjidil Haram dan Ka'bah yang seumur hidupnya selalu diimpikan.

Baca juga: Kemenag Sulteng lepas keberangkatan 103 JCH kloter terakhir

Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar Ali Yafid menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan penyelenggara haji yang tergabung dalam PPIH Embarkasi Makassar atas kerja sama dan dukungan sehingga proses pemberangkatan berjalan dengan sukses dan lancar.

Kepada seluruh petugas dan calon haji kloter 43 Upg, Ali Yafid berpesan agar bisa menjaga nama baik daerah dan negara kita selama menjalankan ibadah haji dan selama berada di tanah suci, serta saling bantu dan dukung utamanya dalam mengurus jemaah lansia kita.

"Yakinlah bahwa membantu dan melayani para jemaah lansia kita itu sama pahalanya dengan melayani dan membantu orangtua kita sendiri," ujar Ali Yafid

"Khusus kepada petugas kloter, jaga dan layani dengan baik para tamu Allah, jangan beda-bedakan mereka, meskipun berasal dari daerah dan provinsi yang berbeda, tapi kita semua sama, jamaah haji Indonesia," tambahnya.

Ali Yafid menyampaikan, PPIH Embarkasi Makassar akan kembali bertugas menunggu kedatangan para jamaah haji Embarkasi Makassar pada 5 Juli 2023.

Kloter 43 Upg ini berisi 392 calon haji termasuk petugas kloter. Adapun 392 calon haji itu berasal dari Kota Makassar sebanyak 9 orang, Bone (33 calhaj), Luwu (23 calhaj), Selayar (9 calhaj), Sidrap (50 calhaj), Soppeng (48 calhaj), Luwu Utara (32 calhaj), Palopo (14 calhaj), serta Sulbar dengan 114 calon hajinya.


Baca juga: Ketua Komisi VIII harap penginapan haji dihuni tiga orang per kamar 

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023