Rencana aksi yang komprehensif ini mengutamakan peningkatan kapabilitas yang menawarkan solusi sistematis untuk skenario aplikasi yang berkontribusi pada bumi yang lebih hijau.

Shanghai, (ANTARA/PRNewswire)- Shanghai Electric (SEHK:2727, SSE:601727) baru saja melansir rencana aksi dual carbon yang luar biasa di ajang perdana Shanghai International Carbon Neutrality Expo in Technologies, Products and Achievements (Carbon Neutrality Expo). Ajang ini merupakan pameran pertama di Tiongkok yang mengangkat topik netralitas karbon. Rencana aksi tersebut memperkenalkan sederet solusi yang penuh terobosan dan komprehensif untuk sistem kelistrikan jenis baru, serta solusi kawasan industri tanpa emisi karbon yang bersifat tiga dimensi.

Rencana aksi ini melibatkan langkah sistematis dan rencana strategis Shanghai Electric untuk mengoptimalkan dan memperbarui struktur perusahaan pada berbagai cakupan emisi karbon. Tujuannya, mencapai dua target emisi karbon Shanghai Electric dalam kegiatan operasionalnya. Target utamanya mencakup penurunan emisi karbondioksida hingga 70% per unit PDB pada 2030 dibandingkan tingkat emisi pada 2020, mencapai netralitas karbon dengan mewujudkan emisi karbondioksida puncak, serta mencapai netralitas karbon pada seluruh rantai nilai industri pada 2055.

Rencana aksi Shanghai Electric berfokus pada dua skenario aplikasi utama—solusi sistem kelistrikan baru yang "komprehensif" dan solusi kawasan industri bebas emisi karbon yang bersifat "tiga dimensi". Lewat tiga jalur utama, yaitu transformasi proses yang ramah lingkungan, substitusi energi yang ramah lingkungan, manajemen rantai pasok yang ramah lingkungan dan berteknologi pintar, serta tiga jalur yang terdiri atas substitusi energi, peningkatan efisiensi energi, serta sirkulasi sumber daya, Shanghai Electric ingin membangun dan mengembangkan dual-carbon, teknologi karbon, inovasi industri, serta platform modal industri. Langkah tersebut akan mempercepat optimalisasi dan pemutakhiran struktur industri.

Dalam rencana aksi tersebut, Shanghai Electric memaparkan studi kasus program uji coba tentang transformasi rendah karbon dari sumber energi konvensional, serta eksplorasi pengembangan dan aplikasi energi bersih:

 the action plan, Shanghai Electric shared the following trial cases of low-carbon transformation of traditional energy and the exploration of the development and application of clean energy:

Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara - Shanghai Electric telah mengembangkan sistem produk pembangkit listrik tenaga batu bara yang terus mencetak rekor dunia dengan tingkat konsumsi batu bara terendah. Salah satunya, unit ultra-supercritical secondary reheating berkapasitas jutaan kilowatt di Datang Dongying Power Plant. Fasilitas ini mencapai efisiensi hingga 49,4%, menghemat konsumsi batu bara hingga 248,86 g/kWh, sehingga membuat standar baru dari sisi konsumsi batu bara terendah di dunia.

Pumped Storage - Unit kelima Changlongshan Pumped Storage Power Station, terletak di Anji County, Provinsi Zhejiang, resmi tersambung dengan jaringan transmisi listrik dan beroperasi secara komersial. Pembangkit listrik ini memiliki rated water head hingga 710 meter dan unit reversible dengan daya keluaran di atas 300 MW sehingga menjadi fasilitas pertama dan satu-satunya di dunia.

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu - Shanghai Electric mendominasi pangsa pasar pembangkit listrik tenaga bayu lepas pantai Tiongkok selama delapan tahun dan mendapat pengakuan global. Shanghai Electric juga berhasil membangun proyek pembangkit listrik tenaga bayu komersial tipe single-unit capacity yang terbesar di dunia, bahkan proyek ini dilengkapi diameter turbin angin terbesar.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya - Shanghai Electric mampu menghasilkan listrik secara kontinu selama 24 jam dengan memanfaatkan energi terbarukan hingga 100%. Shanghai Electric juga memiliki instalasi concentrated solar power (CSP) dan fotovoltaik (PV) dengan kapasitas individu terbesar di dunia. Proyek Dubai 950 MW CSP memiliki harga listrik rata-rata senilai US$ 7,3 sen/kWh, serta mengurangi emisi karbondioksida hingga 1,6 juta ton per tahun.

Penyimpanan Energi Baterai ion-Litium - Shanghai Electric telah membuktikan aplikasi komprehensif baterai ion-litium dalam berbagai skenario, termasuk dari sisi jaringan transmisi listrik, pengguna, serta pembangkit listrik. Shanghai Electric bahkan menjadi pionir model kerja sama penyimpanan energi dari sisi jaringan transmisi listrik.

Liquid Flow Energy Storage - Shanghai Electric memiliki panel rangkaian, elektrolit, dan sistem dengan desain modular, kapabilitas manufaktur, dan teknik. Solusi buatan Shanghai Electric juga telah diekspor ke Eropa, Jepang, dan Australia.

Energi Hidrogen - Shanghai Electric menjangkau seluruh rantai nilai di bidang energi hidrogen, termasuk produksi hidrogen, penyimpanan, stasiun pengisian bahan bakar, serta desain dan produksi turbin gas untuk pencampuran hidrogen.

Centralized Digital Intelligence Platform - Platform industrial internet SEUnicloud 2.0 dari Shanghai Electric mendukung digitalisasi dan kendali tersentralisasi. Platform ini juga berfungsi sebagai pondasi dalam pengendalian tersentralisasi pada level gardu listrik, pembangunan virtual power plant, serta integrasi dengan proyek energi terbarukan.

Selain itu, Shanghai Electric memiliki keunggulan dalam desain, penelitian dan pengembangan, produksi, serta layanan untuk peralatan gas berkapasitas besar, peralatan pembangkit listrik tenaga nuklir, solusi terintegrasi dalam transmisi dan distribusi listrik, serta solusi komprehensif untuk sistem pintar dan terintegrasi.

Dalam solusi kawasan industri bebas emisi karbon, Shanghai Electric berfokus pada sejumlah aspek seperti desain dan konstruksi pembangkit listrik industri yang ramah lingkungan, suplai energi terbarukan yang terdistribusi, digitalisasi lini produksi yang ramah lingkungan dan pintar, sistem motor penggerak industri dan kontrol pintar, konstruksi bangunan pintar, platform operasional pintar dan manajemen kesehatan kereta perkotaan, desalinasi air laut, transformasi daur ulang pada seluruh kawasan industri.

Shanghai Electric akan terus mengandalkan daya saing komprehensif di industri peralatan premium, serta berkolaborasi dengan perusahaan pada rantai industri untuk meningkatkan transformasi hijau dan pemutakhiran industri. Dengan sejarah selama 120 tahun, Shanghai Electric berperan penting sebagai pilar nasional industri, serta ingin memberdayakan pembangunan industri lewat teknologi dan inovasi sekaligus berkontribusi terhadap kehidupan manusia yang lebih baik. 

Tentang Shanghai Electric

Shanghai Electric Group Company Limited (SEHK: 02727, SSE: 601727) adalah perusahaan terkemuka di dunia yang memasok solusi smart system bertaraf industri dan ramah lingkungan. Shanghai Electric menjangkau seluruh dunia, dan bergerak dalam segmen smart energy, intelligent manufacturing, serta integrasi digital intelligence. Lebih lagi, Shanghai Electric mengutamakan pembangunan rendah karbon dan transformasi digital dengan merambah bidang baru, serta meningkatkan motor pertumbuhan baru. Shanghai Electric berupaya menjadi pemimpin industri yang mewujudkan emisi karbondioksida puncak sebelum 2030, serta mencapai netralitas karbon sebelum 2060. Shanghai Electric juga menyediakan alat-alat produksi energi baru dan melokalisasi produksi peralatan premium. Dengan demikian, Shanghai Electric menciptakan peluang tanpa batas dalam ekosistem industri yang inovatif bersama mitra global.

Informasi lebih lanjut tersedia di https://www.shanghai-electric.com/group_en/.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023