Kita berharap ke depan nilai akreditasi ini bisa terus ditingkatkan sehingga kualitas dari alumni juga semakin baik
Padang (ANTARA) - Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) memberikan akreditasi bintang satu untuk Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumatera Barat secara kelembagaan.

"LAN RI memberikan nilai 81,606 (terakreditasi bintang satu) untuk BPSDM Sumbar secara kelembagaan. Akreditasi ini menunjukkan kita secara kelembagaan sudah baik," kata Kepala BPSDM Sumbar, Desniarti di Padang, Senin.

Selain akreditasi secara kelembagaan, LAN RI menurut Desniarti juga melakukan akreditasi untuk Akreditasi Program Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dengan nilai 85,126 (B) dan Program Pelatihan Dasar CPNS mendapatkan nilai 86.354 (B).

Penilaian akreditasi itu termuat dalam surat Kepala LAN-RI Nomor 3347/K.1/PDP.09 tanggal 15 Juni 2023 perihal Penyampaian Status Akreditasi BPSDM Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023.

Ia mengatakan, akreditasi untuk lembaga berlaku selama lima tahun, sedangkan akreditasi program yang bernilai B berlaku selama tiga tahun.

"Kita berharap ke depan nilai akreditasi ini bisa terus ditingkatkan sehingga kualitas dari alumni juga semakin baik," katanya.

Dia menyebut, nilai akreditasi yang baik ini tidak lepas dari peran seluruh aparatur sipil negara (ASN) BPSDM Sumbar dan alumni pelatihan yang telah berpartisipasi untuk menyukseskan akreditasi.

Status akreditasi BPSDM Sumbar itu diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN-RI Muhammad Taufik kepada Kepala BPSDM Sumbar, Desniarti di Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Deputi Bidang Kebijakan Bangkom ASN LAN-RI, Muhammad Taufik mengatakan akreditasi merupakan bukti bahwa lembaga penyelenggara pelatihan memiliki mutu yang berkualitas.

Hal itu akan meningkatkan rasa percaya kepada stakeholder terhadap pelayanan pelatihan.

Baca juga: Lulus pendidikan di LAN, Ini janji dua pejabat di DPD RI bagi masyarakat
Baca juga: Kepala LAN paparkan penggunaan anggaran di Komisi II DPR
Baca juga: LAN klaim tingkat kepatuhan tinggi untuk laporan LHKPN

 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023