Jakarta (ANTARA) -
Para calon penonton pertandingan FIFA Match Day antara Indonesia melawan Argentina menyatakan puas dengan manajemen kerumunan yang diterapkan PSSI terkait alur masuk, pemeriksaan keamanan, dan informasi pintu masuk Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin.
 
Pertandingan Indonesia melawan Argentina memang sudah diperkirakan akan dipenuhi penonton. Salah satu indikator termudah adalah tiket yang terjual habis dalam waktu singkat setelah penjualannya dibuka untuk umum.
 
Menangani massa dalam jumlah banyak pada satu waktu tertentu memerlukan manajemen yang rapi dan jelas. Untuk itu, para penonton merasa bersyukur PSSI mampu mengurusi masalah tersebut dengan baik.
 
"Para petugas keamanan memeriksa badan dan tas dengan teliti namun sopan. Pemeriksaan ketat jelas sangat diperlukan, apalagi nanti kabarnya Pak (Presiden) Jokowi juga akan menonton," kata salah seorang penonton Muhammad Jamal saat ditemui di lingkar dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin sore.
   
Alur kedatangan penonton memang cukup jelas untuk laga FIFA matchday tersebut.

Sejak memasuki lingkar luar Stadion Utama Gelora Bung Karno, para penonton menjalani penyaringan, hanya orang-orang yang memiliki tiket gelang saja yang diizinkan untuk masuk ke area lingkar dalam.
 
Pada penyaringan pertama itu, para penonton akan menjalani pemeriksaan badan.

Selain itu penonton yang membawa barang bawaan wajib meletakkan barang bawaannya ke dalam mesin X-ray untuk dilakukan pemeriksaan. Barang-barang bawaan yang dianggap berbahaya seperti payung, rokok, dan korek api dilarang dibawa masuk oleh petugas keamanan.
 
Setelah itu para penonton menjalani pemeriksaan kedua untuk memasuki lingkar dalam. Di sini, mereka kembali harus menjalani pemeriksaan badan dan pemeriksaan barang bawaan.

Baca juga: Menimbang manfaat pertandingan melawan Argentina bagi Indonesia
 
Seorang petugas bersiaga membantu mengarahkan calon penonton pertandingan FIFA match day Indonesia lawan Argentina berpose di lingkar dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (19/6/2023). (ANTARA/RAUF ADIPATI)
 
 
Di area dalam, terdapat banyak petugas yang membantu mengarahkan para penonton ke lokasi pintu sesuai tiket masing-masing. Di setiap titik, petugas juga dengan aktif menjelaskan posisi tersebut melalui pengeras suara untuk membantu para penonton mengetahui posisi tempat mereka berada.
 
"Mudah sekali, para petugas sangat memudahkan saya dan keluarga untuk mencari lokasi pintu masuk sesuai kategori kami. Sebab kami kan jarang ke GBK, jadi bingung kalau tidak ada pengarahan," ucap Rizal, salah seorang penonton.
 
Pertandingan FIFA Match Day antara Indonesia melawan Argentina akan dimulai pada pukul 19.30 WIB.

Baca juga: Scaloni ungkap pertandingan melawan Indonesia bakal sulit

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023