Sydney/Beijing (ANTARA) - Perdana Menteri Selandia Baru Chris Hipkins pada Senin menyatakan bakal melawat ke China pada 25-30 Juni dengan membawa delegasi perdagangan terdiri dari sejumlah perusahaan terbesar negara tersebut.

Hipkins akan menemui Presiden Xi Jinping, Perdana Menteri Li Qiang, dan ketua komite tetap Kongres Rakyat Nasional Zhao Leji selama lawatan itu.

"Saya menantikan bertemu dengan para pemimpin China melalui berbagai pertemuan bilateral tatap muka, guna membahas sejumlah topik seperti perubahan iklim, stabilitas ekonomi, keamanan regional dan global, hak asasi manusia, serta perang di Ukraina," kata Hipkins.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning menolak mengungkapkan rincian kunjungan tersebut, ketika ditanya dalam pengarahan rutin pada Senin.

"Yang bisa saya katakan adalah China menghargai hubungannya dengan Selandia Baru dan menantikan kerja sama lebih kuat lagi dengan Selandia Baru dalam beragam bidang, termasuk ekonomi dan perdagangan," kata Mao Ning kepada wartawan.

Baca juga: China tawarkan berbagai peluang ekonomi pada Selandia Baru
Baca juga: Selandia Baru khawatirkan perilaku China di Laut China Selatan


Sumber: Reuters

 

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023