Jakarta (ANTARA) -
Bepergian saat liburan memberikan dampak bagi kesehatan mata yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti udara kering, paparan sinar matahari, dan penerbangan jarak jauh.
 
Medical Daily, Senin (19/6), memberikan kiat untuk menjaga kesehatan mata selama melakukan perjalanan liburan.
 
Mengenakan kacamata hitam
Mengenakan kacamata hitam dapat menghalangi cahaya matahari yang mengenai langsung ke mata. Kacamata hitam selama perjalanan juga penting bagi penderita migrain dan sakit kepala akibat paparan sinar matahari.
 
Kacamata hitam bertindak sebagai penghalang yang melindungi mata dari angin, debu, dan kotoran lainnya serta mencegah iritasi mata dan goresan pada kornea. Kacamata hitam berkualitas tinggi dapat memberikan proteksi 100 persen dari sinar UV matahari yang berbahaya bagi mata.
 
Menyiapkan kacamata renang
Jika berencana akan berenang saat liburan, sebaiknya sediakan dan kenakan kacamata renang saat berenang. Mengenakan kacamata renang dapat melindungi mata dari klorin, air asin, atau kotoran selama berenang, yang dapat menyebabkan iritasi dan rasa tidak nyaman pada mata.

Baca juga: Tips jaga mata sehat terhindar dari "computer vision syndrome"
 
Membawa obat tetes mata
Paparan udara kering dan angin dapat membuat mata menjadi kering. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan gatal akibat mata kering, dianjurkan untuk membawa obat tetes mata.

Minum air yang cukup juga dapat membantu mencegah mata kering akibat dehidrasi. Bagi pengidap alergi pada mata, selalu sediakan obat mata khusus saat melakukan perjalanan liburan.
 
Menghindari penggunaan lensa kontak
Sebaiknya hindari penggunaan lensa kontak dan beralih ke kacamata saat melakukan perjalanan jauh karena lensa kontak dapat membuat mata menjadi lebih kering.

Jika perlu menggunakan lensa kontak selama perjalanan jauh, pastikan untuk menjaga kebersihannya dan kenakan dengan baik dan rapi. Lepas lensa kontak jika ingin berenang atau mandi.

Baca juga: Ahli: Sinar ultraviolet matahari lebih bahaya dari sinar biru gadget
 
Menghindari penggunaan riasan mata
Riasan berlebihan pada area mata dapat berisiko menyebabkan infeksi mata karena dapat menarik debu dan kotoran. Oleh karena itu dianjurkan untuk tidak menggunakan riasan untuk mata saat pergi liburan agar kebersihan mata tetap terjaga.
 
Konsultasi dengan dokter
Jika mengalami gejala seperti iritasi mata, atau infeksi, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter daripada menundanya sampai kembali ke rumah.

Penanganan medis lebih awal dapat mencegah berbagai risiko penyakit mata yang bisa memburuk bila terlalu lama diabaikan.

Baca juga: Jangan sepelekan mata kering, ini bahayanya

Baca juga: Seperti gigi, periksa mata juga harus rutin
 

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023