Kita harus betul-betul memanfaatkan kesempatan ini untuk bangga berwisata 'Di Indonesia Aja'.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat Indonesia untuk menghabiskan momen liburan sekolah dan Idul Adha untuk berwisata di Indonesia saja.

Menparekraf dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan masa liburan yang dimulai sejak 29 Juni hingga 16 Juli atau selama tiga pekan ini, patut dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berkunjung ke destinasi-destinasi wisata di Indonesia.

"Ini adalah potensi yang besar dan kita harus betul-betul memanfaatkan kesempatan ini untuk bangga berwisata 'Di Indonesia Aja'," kata Sandiaga.

Dalam kesempatan ini, Sandiaga juga mengajak agar para pelaku parekraf dan pihak-pihak terkait untuk memanfaatkan momentum liburan panjang ini demi mendorong program-program Kemenparekraf, seperti pengembangan desa wisata dan kegiatan atau acara yang dapat memperkuat promosi sektor parekraf di Indonesia.

Salah satu program yang dikembangkan Kemenparekraf untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia adalah meluncurkan e-Booklet "Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja" dalam rangka menyambut musim mudik Idul Adha pada 29 Juni 2023.

E-booklet ini, kata dia, bisa menjadi referensi (wisatawan) kesempatan untuk menyaksikan kegiatan kurban di masjid-masjid di seputar jalur mudik atau safari masjid dalam rangka menikmati wisata minat khusus.

Sebelumnya, Kemenparekraf berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring untuk mendorong pergerakan wisatawan nusantara dalam upaya memenuhi target 1,2 miliar-1,4 miliar perjalanan melalui program "Libur Sekolah #DiIndonesiaAja".

Kolaborasi ini diharapkan bisa mempercepat kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja di momen liburan sekolah.
Baca juga: Menparekraf ungkap ada tambahan penerbangan langsung dari mancanegara
Baca juga: Sandi: Kuliner Indonesia di Belanda berpotensi tingkatkan ekspor rempah


Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023