Jakarta (ANTARA) - Kota Tokyo, Jepang akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Formula E untuk kali pertama pada musim kesepuluh di tahun 2024.

Tokyo masuk ke dalam kalender sementara untuk musim itu usai diratifikasi oleh Formula E, Dewan Olahraga Motor Dunia (FIA) dan Otoritas Olahraga Nasional (ASN) setempat untuk setiap kota tuan rumah.

"Tokyo akan menjadi puncak dari musim kesepuluh bersejarah kami. Kami juga sedang berdiskusi lebih lanjut dengan lebih banyak kota ikonik dunia yang ingin menjadi tuan rumah balapan Formula E dan membuat acara motorsport dunia bersama kami. Kami berharap ini tercermin dalam kalender terbaru yang diterbitkan akhir tahun ini," kata CEO Formula E Jeff Dodds dalam keterangan resmi yang diterima pada Rabu.

Adapun Formula E Tokyo akan digelar pada 30 Maret 2024 di dekat Tokyo Big Sight di tepi pantai Teluk Tokyo. Nantinya, akan menghadirkan 22 pebalap dari 11 tim yang akan berkompetisi di balik kemudi mobil balap listrik tercepat dan bertenaga saat ini yaitu GEN3.

Formula E dan Pemerintah Metropolitan Tokyo telah bekerja sama untuk membawa balapan ke kota untuk mendukung inisiatif Zero Emission Vehicle (ZEV), bagian dari strategi Zero Emission Tokyo. Kota ini memiliki rencana aksi iklim yang bertujuan untuk mencapai emisi CO2 nol bersih pada tahun 2050.

"Saya senang dengan keputusan resmi bahwa Tokyo akan menjadi tuan rumah balapan Formula E pada Maret 2024. Berpusat pada penyebaran penggunaan kendaraan tanpa emisi, Pemerintah Metropolitan Tokyo mempercepat tindakan di semua bidang untuk mewujudkan Zero Emission Tokyo," ujar Gubernur Tokyo Yuriko Koike.

Sementara itu, musim kesepuluh Kejuaraan Dunia Formula E akan dimulai di Mexico City pada 13 Januari 2024. Sedangkan untuk Jakarta, direncanakan akan menjadi putaran ke-14 pada 8 Juni 2024.

Di sisi lain, akhir pekan ini, Formula E akan memulai debutnya di Portland, Oregon.

"Kalender Musim 10 mewakili misi berkelanjutan kami untuk membuat jadwal dinamis kota-kota baru yang menjadi tuan rumah balapan untuk pertama atau kedua kalinya seperti Tokyo, São Paulo, dan Portland bersama dengan tuan rumah yang sudah mapan seperti Berlin, Roma, London, Monako, Diriyah, dan Jakarta," kata Co-Founder dan Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo.


Baca juga: Castrol buktikan performa "EV Transmission Fluids" di Formula E
Baca juga: Juara GP Kanada 2023, Max Verstappen samai rekor Ayrton Senna
Baca juga: BP BUMD masih tunggu laporan Jakpro terkait penyelenggaraan Formula E
Baca juga: Formula E dinilai belum bisa ajak warga ke kendaraan listrik

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023